Prosedur Disebut Aman, Biaya Implan Gigi Depan Mulai Rp5 Jutaan

Biaya, implan, gigi, depan, prosedur, dokter, aman, palsu, bervariasi, rumah, sakit, swasta, jakarta, per, satu, cangkok, tulang, mahkota, ukuran, akar, asli, tiruan, lepasan, bagian, bentuk, bahaya,Prosedur pemeriksaan gigi oleh dokter

Kehilangan gigi, terutama di bagian depan tentu dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Selain itu, mereka juga menjadi malu untuk senyum lebar yang memperlihatkan gigi. Tak hanya mengganggu penampilan, gigi yang copot pada bagian depan juga bisa mempengaruhi kelancaran berbicara hingga memotong makanan. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal itu, yakni memakai gigi palsu, baik yang lepasan ataupun implan gigi yang sifatnya lebih permanen.

Menurut Imam Wahyu Kurumadirja, salah seorang gigi, implan gigi bisa digunakan untuk menggantikan sekurang-kurangnya satu gigi, bahkan seluruh gigi di mulut manusia yang dipasangkan secara permanen untuk memperbaiki fungsi dan penampilan. Ia menjelaskan, implan gigi merupakan struktur yang berbentuk seperti akar gigi yang terbuat dari titanium. Akar buatan itu ditanamkan ke dalam tulang untuk menggantikan akar gigi alami yang telah hilang atau rusak. Terdapat berbagai bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan gigi . Implan gigi pun dibuat sangat menyerupai gigi asli.

“Setelah pasang implan, makan dan mengunyah jadi nyaman seperti gigi asli,” kata Imam yang merupakan Kepala Departemen Bethsaida Hospital Dental Center (BHDS), dilansir dari Kompas.

Ia menambahkan, implan juga dapat mengurangi risiko penyusutan tulang dan gusi turun akibat pencabutan atau tidak adanya gigi terlalu lama. Implan gigi juga tidak menimbulkan pergerakan, perubahan , bau tidak sedap, dan tak perlu pembuatan ulang pelat seperti gigi palsu atau tiruan lepasan. Untuk pemasangan implan dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 bulan setelah pencabutan gigi. Implan gigi tersebut dapat digunakan seumur hidup pasien. Tingkat keberhasilan jangka panjang mencapai 95 persen.

Penggunaan implan untuk menggantikan gigi yang hilang diklaim sebagai prosedur yang aman alias tidak berbahaya, dapat memberikan penampilan yang alami dan sudah sangat di dunia gigi. Implan gigi terbuat dari yang biokompatibel, yang ditanam ke dalam gusi atau tulang rahang untuk menggantikan gigi yang hilang.

Kesuksesan implan gigi tergantung kepada tingkat kemahiran dokter gigi yang memasang implan, dan kuantitas tulang rahang yang akan dilakukan pemasangan implan, dan kesehatan rongga mulut pasien. Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memasang implan gigi, antara lain pertimbangan pasien yang meliputi kondisi kesehatan dan riwayat penyakit gigi sebelumya, pertimbangan kondisi gigi sebelahnya, tulang rahang dan jaringan lunak sekeliling serta yang akan dipasang implan gigi, dan juga pertimbangan biaya.

Biaya pemasangan implan gigi memang lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan gigi palsu. Biayanya bervariasi, tergantung dari banyaknya implan yang dibutuhkan, perlu atau tidaknya cangkok tulang, jenis mahkota gigi yang dipakai, serta sakit mana yang menyelenggarakannya. Di sakit swasta di Indonesia, biaya prosedur ini bisa dimulai dari Rp5.000.000 hingga lebih dari Rp25.000.000 per satu implan. Dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yakni sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan.

Loading...