Promo Cicilan 0%, Ini Sederet Pengalaman Pembeli yang Bayar Pakai Cicilan di Tokopedia

Berbelanja di TokopediaBerbelanja di Tokopedia - duniamarketplace.blogspot.com

Berbelanja secara online melalui e-commerce kini sudah menjadi yang begitu menjamur. Dulunya mungkin sistem pembayaran yang diterima oleh pihak e-commerce hanya dengan cara dibayar langsung lunas. Namun kini hampir semua e-commerce termasuk Tokopedia menawarkan kemudahan pembayaran dengan sistem , baik melalui kartu atau penyedia jasa leasing lainnya.

Beberapa pengguna yang pernah membeli barang dengan sistem kredit ini banyak yang mengaku senang karena berhasil melakukan dengan sukses. Namun sebagian lainnya juga ada yang mengaku memiliki pengalaman buruk dengan cicilan Tokopedia.

Seperti diketahui, Tokopedia menawarkan cicilan 0%, sehingga tiap bulannya tak akan dikenai bunga. Namun di awal transaksi tetap akan dikenai biaya administrasi kartu kredit alias credit card yang biasanya besarannya mencapai 1,5%.

Meski beberapa orang menganggap layanan ini begitu membantu mereka untuk mendapatkan barang yang diimpikan, beberapa lainnya justru merasa ‘buntung’. Bagaimana tidak? Berdasarkan pengakuan sejumlah pembeli, kasus yang paling sering mereka alami adalah layanan cicilan Tokopedia masih tertagih penuh ke kartu kredit mereka. Jadi misalnya saja pembeli mengajukan cicilan untuk produk seharga Rp 1,5 jutaan, rupanya yang tertagih ke kartu kredit mereka pun masih tetap Rp 1,5 juta, bukan sebesar cicilan yang telah disepakati senilai Rp 600 ribuan.

Hal ini dialami oleh salah satu pembeli bernama Evawati. “Saya melakukan handphone di Tokopedia dengan sistem pembayaran cicilan 0% selama 6 bulan. Untuk memastikan transaksi sudah menjadi cicilan, di hari yang sama saya mengirimkan pesan di Layanan Pengguna Tokopedia. Disampaikan bahwa pembayaran berhasil menggunakan metode cicilan kartu kredit. Tetapi pada billing tagihan kartu kredit, ternyata ditagih penuh,” aku Eva, seperti dilansir Detik.

“Kemudian saya menanyakan ke Tokopedia dan mendapat informasi bahwa pembayaran yang saya pilih bukan cicilan. Lalu ditegaskan kembali oleh beberapa pesan yang intinya menyatakan bahwa transaksi tersebut bukan cicilan. Saya kecewa dengan pelayanan Tokopedia yang mengingkari pernyataan awal dan lepas tangan. Kesalahan pada sistem mengapa dibebankan kepada konsumen?” keluh Eva.

Apabila mengalami hal seperti ini, pembeli juga disarankan untuk menghubungi pihak bank. Di BCA misalnya, menjelaskan bahwa proses cicilan ternyata tidak bisa langsung, melainkan harus menunggu konfirmasi dari pihak penjual yang biasanya memakan waktu sekitar 7 hari kerja.

“Jika tertagih penuh/full payment, Anda dapat membayarkan tagihan selain Tokopedia karena tagihan penuh tersebut akan diubah dalam bentuk cicilan di billing tagihan bulan berikutnya. Anda dapat membayarkan tagihan Tokopedia saat transaksi telah terkonversi cicilan. Dan hindari membayar di bawah pembayaran minimum yang ada di billing tagihan tersebut,” demikian bunyi penjelasan pihak Tokopedia.

Loading...