Produk ‘Gagal’, Harga iPhone 5C Second Sangat Terjangkau

iPhone 5C - www.cnet.comiPhone 5C - www.cnet.com

iPhone buatan Apple bisa dibilang sebagai salah satu produk premium di segmen . Ponsel pintar ini banyak diburu konsumen meski ditawarkan dengan harga yang tergolong . Namun, ada satu iPhone yang bisa dibilang kurang laris di pasaran, yaitu iPhone 5C. Bahkan, produk atau second ponsel cerdas tersebut ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

iPhone 5C memang bisa dibilang sebagai varian iPhone yang gagal di pasaran. Keputusan perusahaan asal AS untuk merilis iPhone 5C dalam material plastik dengan pilihan -warna ceria ternyata menjadi salah satu manuver terburuk. Akibatnya, dalam masa satu tahun penjualan, produk ini ternyata tidak mampu menarik minat konsumen layaknya produk-produk Apple lainnya.

Apple sendiri menargetkan iPhone 5C untuk segmen menengah di berkembang. Namun, harga ponsel pintar tersebut ternyata masih terbilang mahal di sejumlah sehingga kurang laris. Di misalnya, ketika pertama kali dirilis, pabrikan membanderol iPhone 5C dengan harga Rp7,8 jutaan, atau lebih mahal dibandingkan Samsung Galaxy S4 yang dijual Rp7,5 jutaan.

Sebenarnya, dari sisi spesifikasi, iPhone 5C punya hardware dan software yang tidak kalah jika dibandingkan generasi pendahulu. Perangkat ini menggendong layar berukuran 4 inci yang telah didukung fitur sensitive touchscreen. Sementara, sistem operasinya dijalankan oleh iOS 7.0 serta memiliki konektivitas yang terbilang sangat lengkap, berkat dukungan jaringan 2G GSM dan CDMA, 3G HSDPA, dan 4G LTE.

Di bagian dapur pacu, perusahaan menanamkan CPU 1,3 GHz Dual Core, yang didukung memori LPDDR2 dengan kapasitas 1 GB, serta grafis dari PowerVR SGX543MP3. Sementara, ruang penyimpanan menyediakan opsi 8 GB dan 32 GB. Adapun fitur-fitur pendukung lain, termasuk kamera belakang 8 MP, kamera depan 1,2 MP, hingga baterai yang bisa tahan sampai 10 hari dalam kondisi stand by.

Sayangnya, seperti diutarakan sebelumnya, smartphone dengan slogan “for the colorful” ini kurang diminati pasar sehingga hanya bertahan dua tahun sebelum produksinya dihentikan total pada tahun 2015. Saat ini, produk bekas atau second iPhone 5C ditawarkan dengan harga mulai Rp500 ribuan hingga Rp1 jutaan dan tersedia dalam pilihan warna putih, pink, kuning, biru, dan hijau.

Loading...