Privasi Pengguna Lebih Terjamin, Holochain Siap Geser Blockchain

Holochain - hacked.comHolochain - hacked.com

Holochain diklaim bakal menjadi baru yang paling memungkinkan dalam jaringan komputasi sejak Tim Berners-Lee menciptakan protokol internet WWW pada tahun 1990 silam. Ini adalah protokol internet baru, produk yang dapat memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan kembali privasi online mereka.

Dikutip dari DW, Seperti WWW, holochain adalah protokol untuk komunikasi terenkripsi, suatu sistem yang memungkinkan untuk berbicara satu sama lain. Tetapi, WWW kebanyakan berjalan di sekitar server . Sebaliknya, holochain dirancang untuk dijalankan sepenuhnya pada jaringan komputer rumah dan ponsel cerdas terdistribusi, pada basis peer-to-peer, give-and-take.

Semua dikatakan dapat dibangun di holochain. Misalnya, yang mirip dengan Google, email, perpesanan yang mirip dengan Facebook Messenger, berbagi teks singkat seperti Twitter, atau berbagi-ruang yang mirip dengan AirBnB. Karena yang dibangun menggunakan holochain akan hidup secara eksklusif di jaringan terdistribusi komputer milik , aplikasi ini tidak perlu berinteraksi dengan server perusahaan sama sekali.

Selama 15 tahun terakhir atau lebih, dunia online telah menjadi tempat ketika privasi pengguna tersebar dengan begitu mudah. Dalam upaya meningkatkan pendapatan iklan, perusahaan seperti Facebook, Google, Twitter, atau Baidu secara otomatis merekam dan mengevaluasi interaksi media sosial, penelusuran web, foto , lokasi GPS, pilihan menonton video online, email, panggilan telepon, bahkan setiap klik dan kata pengguna.

Nah, apa yang Arthur Brock, Eric Harris-Braun, dan tim coba lakukan adalah dengan mengalihkan data pribadi pengguna dari peternakan server perusahaan untuk memberi mereka kembali kendali data pribadi. Menurut Brock, holochain adalah agen-sentris daripada data-sentris. Pengguna adalah agennya, dan ia yang memutuskan ke mana data akan pergi dan siapa yang melihatnya. “Saya pikir ini akan menjadi game changer yang lebih besar dari yang bisa kita bayangkan,” kata Brock.

pembuatan holochain sendiri sudah lebih dari satu dekade. Produk tersebut sudah dalam pengembangan awal, bahkan sebelum Satoshi Nakamoto mengusulkan sistem blockchain. Blockchain memang menghasilkan euforia luar biasa selama 10 tahun terakhir. Tetapi, baru-baru ini para penggemar sadar bahwa teknologi ini memiliki keterbatasan yang serius. Sementara, transaksi holochain diklaim puluhan ribu kali lebih murah dan lebih efisien daripada transaksi blockchain, dalam hal komputasi dan energi.

“Kami tidak ingin menjadi kaya, kami ingin memberdayakan orang banyak,” tutur Brock dan Harris-Braun. “Fokus kami sekarang adalah untuk menyelenggarakan holochain di kota-kota di seluruh dunia, merekrut pengembang untuk membuat aplikasi jaringan peer-to-peer. Jika aplikasi pertama berakar, holochain akan menjadi tak terbendung.”

Loading...