Primadona Peternak, Harga Kambing Etawa Kaligesing Mulai Rp1,25 Jutaan

Kambing Etawa Kaligesing

Kambing ras Kaligesing (dulu Peranakan Etawa atau PE) merupakan salah satu hewan ternak yang cukup laris di Indonesia. Dengan mulai Rp1,25 jutaan untuk anak, kambing jenis ini sering dijadikan pilihan para petani ternak, khususnya pemula, dengan standar untuk menghasilkan anakan yang sesuai dengan yang mereka keluarkan.

“Sejak resmi dipantenkan menjadi kambing ras Kaligesing pada bulan Juli 2016 lalu, minat masyarakat untuk beternak kambing ras Kaligesing ini memang terus meningkat,” kata Ketua Penyuluh Pertanian dan Peternakan Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Pudjiono. “ total kambing ras Kaligesing hingga semester kedua 2016 telah mencapai 7.532 orang dengan ternak mencapai 34.160 ekor.”

Pudjiono menambahkan bahwa jumlah populasi ternak tersebut memang terus meningkat sejalan dengan naiknya jumlah peternak di Kecamatan Kaligesing. Para peternak lebih memilih memelihara kambing ini karena memiliki banyak , salah satunya nilai jualnya yang tinggi. “Kambing ras Kaligesing, jika ternaknya unggul, bisa dijual kepada mereka yang hobi kambing hingga puluhan juta ,” sambung Pudjiono.

Senada, Sekretaris Camat Kaligesing, Heryono, mengatakan bahwa ternak kambing ras Kaligesing saat ini memang tengah menjadi primadona masyarakat di tersebut. Beberapa desa bahkan fokus pada pengembangan ternak kambing ini, di antaranya di Desa Pandanrejo, Desa Purbowono, Desa Donorejo, dan Desa Kaligono. “Ternak kambing ini memiliki potensi tinggi, yaitu untuk hobi,” katanya.

Secara umum, kambing ras Kaligesing memiliki banyak kesamaan dengan kambing Etawa atau kambing seni. Kambing ini memiliki kepala berwarna hitam atau cokelat, namun punya badan berwarna putih, dengan bentuk pola telinga, dahi, dan bulu rewos yang menyesuaikan. Jika anakan dijual dengan harga mulai Rp1,25 juta, maka kambing Etawa ras Kaligesing siap kawin ditawarkan dengan harga mulai Rp2,3 jutaan.

Loading...