Primadona Pasar Kayu, Harga Kayu Mahoni 4×6 Mulai Rp35 Ribuan

Kayu Mahoni - vandorenlumber.com

Selain kayu jati, kayu mahoni juga banyak dijadikan bahan baku tukang untuk membuat , perabotan rumah tangga, hingga instrumen musik dan tangan. Di , kayu ini biasanya dalam bentuk reng, kaso, galar, balok, serta papan. Jika Anda memerlukan kayu mahoni ukuran 4×6, harganya saat ini berkisar Rp35 ribuan hingga Rp54 ribuan per batang.

Kayu mahoni, seperti namanya, merupakan kayu yang berasal dari pohon mahoni. Pohon ini diklaim sangat tepat bila dijadikan sebagai tanaman pelindung, karena memiliki batang yang besar dan cukup tinggi serta punya daun yang rimbun. “Pohon kayu mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47 persen sampai 69 persen sehingga layak disebut sebagai pohon pelindung,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kotamobagu, Imran Amon.

Untuk kayunya, kayu mahoni banyak dimanfaatkan untuk pembuatan furniture, benda-benda kerajinan, perabotan rumah tangga, hingga instrumen musik. Bahkan, karena memiliki kualitas yang sedikit di bawah kayu jati, kayu mahoni sering juga disebut sebagai primadona kedua dalam kayu, terutama di dalam negeri.

“Berawal dari limbah kayu dari usaha mebel suami, saya mengembangkan menjadi barang yang layak jual, seperti tas kayu, kalung, dan gantungan kunci yang dipadukan dengan cangkang telur,” ujar Sri Utami, pelaku kreatif di Desa Sukorejo, Bojonegoro. “Semua bahan dari kayu jati atau kayu mahoni, yang dihias dengan limbah cangkang telur yang merupakan ciri khas usaha kami.”

Di samping bermanfaat untuk industri kreatif, kayu mahoni yang sudah di-ekstrak ternyata mampu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, jika dicampur dengan air panas. Pasalnya, hasil penelitian menemukan bahwa mahoni memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang diklaim melebihi kandungan buah pada umumnya.

“Kulit mahoni juga efektif menurunkan kadar diabetes. Hal ini diketahui setelah melakukan uji antara serbuk kulit mahoni dengan obat diabetes komersial. Hasilnya, perbedaan penurunan kadar gulanya tidak terpaut jauh,” jelas Dr. Syamsul Falah dari Departemen Biokimia IPB. “Penelitian ini diharapkan memberikan pemanfaatan limbah kulit kayu mahoni serta khasiat sebagai obat herbal.”

Loading...