Praktis untuk Perabotan, Harga 1 Lembar Triplek Bervariasi

Lembaran Triplek - situshargabangunan.blogspot.co.idLembaran Triplek - situshargabangunan.blogspot.co.id

Triplek atau lapis merupakan salah satu olahan yang banyak dimanfaatkan untuk manusia karena dinilai sangat praktis. Bahan ini sering dijadikan sebagai material pembuat rumah tangga, seperti meja dan lemari, bahkan untuk sekat kamar. Di pasaran, triplek biasanya per lembar dengan bervariasi, tergantung ukurannya.

“Triplek adalah salah satu produk olahan dari bahan kayu solid, yang terbuat dari lembaran kayu tipis yang biasa disebut dengan veneer,” tulis Biopolish. “Setiap veneer nantinya disusun dengan saling tindih dengan arah serat yang saling melintang, lalu dilekatkan di bawah tekanan yang besar. Meski bernama triplek, kayu ini tidak selalu memiliki tiga lapisan.”

Situs yang sama melanjutkan, triplek merupakan material yang dianggap sangat praktis digunakan dibandingkan produk kayu lainnya. Produk ini juga diklaim memiliki daya tahan penyusutan yang bagus sehingga tidak mudah berubah bentuk. Di samping itu, triplek hadir dalam dan ketebalan yang lebih variatif dibandingkan kayu solid.

“Namun, triplek tidak memiliki ketahanan yang begitu baik terhadap perubahan cuaca dibandingkan produk kayu lain, terutama kayu solid, sehingga jarang direkomendasikan untuk keperluan luar ruangan atau outdoor,” sambung Biopolish. “Karena lembarannya yang sangat lebar namun tipis, triplek juga rentan rusak bisa tidak digunakan dengan hati-hati.”

Ada beberapa perabotan rumah tangga yang mengaplikasikan triplek sebagai bahan dasar. Yang umum ditemukan adalah lemari pakaian serta rak TV atau meja. Selain itu, triplek juga sering dimanfaatkan sebagai plafon (biasanya berukuran 122 cm x 244 cm dengan ketebalan mulai 3 mm) dan sekat atau pembatas kamar di dalam ruangan.

Triplek biasanya dijual per lembar dengan harga bervariasi, tergantung jenis kayu yang digunakan dan ukuran triplek (biasanya 122 cm x 244 cm dengan ketebalan mulai 3 mm). Triplek dari kayu albasia misalnya, sekarang ditawarkan mulai Rp52 ribu sampai Rp167 ribuan per lembar, triplek sengon dijual Rp39 ribuan sampai Rp167 ribuan per lembar, triplek meranti dipasarkan Rp43 ribuan sampai Rp225 ribuan per lembar, dan triplek partikel board dijual Rp75 ribuan sampai Rp125 ribuan per lembar.

Loading...