Praktis dan Siap Pakai, Berapa Harga Santan Kara 500ml?

Santan kelapa (sumber: elavegan.com)Santan kelapa (sumber: elavegan.com)

Banyak Indonesia yang tak bisa lepas dari . Air perasan parut ini memang dikenal bisa membuat cita masakan menjadi semakin dan gurih. Sayangnya santan yang diperas dari kelapa langsung biasanya tidak tahan disimpan terlalu lama. Oleh sebab itu berkembang santan instan dalam wujud dan bubuk yang lebih praktis dan relatif lebih tahan lama seperti produksi Sun Kara. Harga santan Kara ini cukup terjangkau dan mudah ditemui di berbagai toko.

Santan kelapa siap pakai Kara tersedia dalam berbagai varian ukuran, mulai dari ukuran 65 ml, 200 ml, bubuk 20 gram, hingga isi 1000 ml (1 liter). Sayangnya sampai saat ini Kara masih belum mengeluarkan produk santan siap pakai 500ml. Adapun harga santan Kara 65ml Rp 3.100, kemudian kemasan 200ml harganya Rp 9.300, 20 gr Rp 1.990 per sachet, dan yang kemasan 1 L harganya mencapai Rp 41.290. Santan Kara bisa ditemukan dengan mudah di Alfamart, Indomaret, dan sejumlah pusat perbelanjaan lainnya.

Seperti halnya santan peras, santan instan Kara dapat digunakan untuk membuat kari, nasi bersantan, kembang gula, kue, pudding, selai, es krim, hingga aneka masakan dan minuman lainnya. Nah, selama ini mungkin banyak orang yang resah dan bertanya-tanya, benarkah santan mengandung kolesterol? Ternyata hal itu hanyalah mitos belaka.

Dr Diana Suganda SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah menerangkan bahwa dalam 100 gram santan terdapat 230 kalori; 2,29 gram protein; 5,54 gram karbohidrat; 15 miligram sodium; 263 miligram kalium; 21,14 gram jenuh; 0,261 gram tak jenuh ganda; 1,014 gram tak jenuh tunggal; dan 0 miligram kolesterol.

Lebih lanjut dr. Diana menjelaskan jika kesalahpahaman tersebut kemungkinan berasa dari tingginya kandungan lemak jenuh yang ada dalam santan, yakni mencapai 21%. “Santan tidak mengandung kolesterol, tapi santan mengandung lemak jenuh (saturated fat) yang tinggi, yaitu sebanyak 21 gram per 100 gram santan. Mungkin orang sering salah kaprah menganggap lemak tadi sebagai kolesterol, padahal itu merupakan hal yang berbeda,” papar dr. Diana, seperti dilansir Kompas.

Meski berisiko meningkatkan obesitas karena adanya kadar lemak jenuh dan kalori yang tinggi, santan juga mengandung asam laurat (lauric acid) yang bisa digunakan sebagai sumber energi. Adapun takaran saji yang direkomendasikan hanya sekitar seperempat sampai setengah cangkir santan.

Loading...