Menabung Tak Lagi Bikin Tekor, Ini Potongan Bulanan Bank Paling Murah

Rupiah - Jitunews.comRupiah - Jitunews.com

Beberapa orang mungkin masih ragu untuk menabung di karena potongan bulanan yang dikenakan cukup tinggi, hingga mencapai Rp17 ribu lebih per bulan. Belum lagi karena banyak yang menetapkan minimal ( tertahan) yang besar, antara Rp50 ribu sampai Rp150 ribu. Meski demikian, rupanya masih ada bank dengan potongan bulanan paling murah.

Seperti diketahui, sejak beberapa tahun lalu bank-bank di Indonesia serempak menyediakan produk TabunganKu. TabunganKu adalah produk dengan setoran awal ringan, hanya Rp20 ribu untuk pembukaan rekening dan benar-benar bebas biaya bulanan.

Selain TabunganKu, ada juga produk simpanan lain yang potongan bulanannya murah untuk menabung. Misalnya saja Simpedes BRI dengan setoran awal Rp100 ribu dan biaya per bulan hanya Rp5.500 dan jika memakai kartu ATM Classic akan dikenai biaya sebesar Rp4.000 per bulan.

Kemudian ada BNI Taplus dengan potongan bulanan Rp11 ribu, Tahapan Xpresi BCA biaya administrasi bulanan Rp7.500, Tabungan Hasanah di BNI Syariah tanpa biaya bulanan jika pakai akad wadiah atau Rp7.500 per bulan untuk akad mudharabah, Tabungan BTN e’Batarapos Rp4.000 per bulan atau biaya administrasi untuk saldo > Rp1 juta, dan sebagainya.

Meskipun rata-rata bungan tabungan perbankan kini sangat rendah, yaitu antara 0,25-2% per tahun, nyatanya masih banyak orang membutuhkan rekening tabungan di bank. Perencana Keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto menjelaskan, menyimpan dana di tabungan memang bukan ditujukan untuk mencari keuntungan.

Pasalnya, ada dua fungsi utama dari tabungan. Pertama, untuk memenuhi harian khususnya bagi masyarakat perkotaan. Kedua, untuk meletakkan dana cadangan yang bersifat likuid atau bisa dicairkan sewaktu-waktu. “Jadi, tidak masalah punya lebih dari dua rekening tabungan. Asal dibedakan fungsinya, untuk simpanan atau . Kemudian ada yang untuk dana cadangan,” jelas Eko, seperti dilansir Kontan.

Walau terpotong biaya administrasi bulanan, menurut Eko menabung di tabungan jauh lebih aman daripada menyimpan uang secara konvensional atau dalam bentuk cash (tunai).

Loading...