Populer Dijadikan Atap Kanopi, Polycarbonate Dijual Mulai Harga Rp 1 Jutaan per Meter Persegi

Polycarbonate - www.roofrite.com.auPolycarbonate - www.roofrite.com.au

Polycarbonate saat ini menjadi salah satu alternatif atap favorit di selain -material dari galvalum, zincalum atau spandek, alderon (UPVC), hingga onduline. Polycarbonate umumnya secara meteran atau lembaran. Dibandingkan bahan-bahan lain, polycarbonate per meter persegi dinilai lebih terjangkau.

Polycarbonate memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya mampu menahan dan menyerap sinar matahari (UV protection) secara optimal karena terbuat dari lembaran plastik atau fiber yang berongga. Bahkan material polycarbonate disebut-sebut mampu bertahan sampai 10 tahun lamanya apabila dipakai menjadi atap kanopi di rumah atau carport (garasi). Tak hanya untuk canopy garasi, polycarbonate kerap dimanfaatkan sebagai partisi, skylight, hingga penutup sport hall.

Walaupun dinilai murah, ternyata polycarbonate adalah material yang kuat, kokoh, namun ringan. “Polycarbonate juga bersifat fleksibel, tahan panas, modelnya simpel dan elegan, kedap suara, serta tersedia dalam beragam,” demikian seperti dilansir Rumah.

Merek polycarbonate yang beredar di pasaran ada bermacam-macam, mulai dari Twinlite, Lexan Easy Clean, Duromax, Solarlite, Polykron, dan masih banyak lagi. Harga polycarbonate per meter persegi pun cukup variatif, tergantung dari merk, kualitas, dan ketebalannya. Sebagai contoh untuk harga fiber Twinlite tebal 5 mm dengan 2,1 x 11,8 meter dijual Rp 2.225.000 per meter persegi, kemudian yang tebalnya 6 mm dijual Rp 2.495.000, dan ketebalan 10 mm Rp 3.525.000.

Ada pula pilihan murah seperti merek Global yang dibanderol dengan harga Rp 1,25 jutaan saja untuk polycarbonate yang tebalnya 4,2 mm atau Rp 1,4 jutaan per meter persegi (m2) untuk yang ketebalannya 4,5 mm. Jika ingin yang lebih murah lagi, tersedia merek De’Light dengan ukuran tebal 4 mm yang dihargai Rp 1.075.000 per meter persegi.

Bukan hanya merek dan ukuran ketebalannya saja yang beragam, polycarbonate cukup populer dan banyak disukai lantaran tersedia dalam pilihan warna yang menarik, misalnya warna transparan atau bening yang cenderung netral, biru yang terasa sejuk, hijau, abu-abu yang mampu mengurangi intensitas cahaya dalam rumah, dan masih banyak lagi varian warna lainnya.

Loading...