Populer di Kalangan Pecinta Burung Kicau, Harga Kacer Bali Jantan Mulai Rp 650 Ribuan

Kacer Bali - seputarkotablora.blogspot.comKacer Bali - seputarkotablora.blogspot.com

kicau atau di memang ada banyak. Di arena kompetisi atau perlombaan, biasanya ada beberapa jenis yang cukup , mulai dari Murai Batu, Anis Merah, hingga Kacer. Ketiga jenis burung kicau tersebut merupakan yang paling banyak peminatnya. Tak heran jika burung kacer pun relatif mahal jika dibandingkan burung-burung lainnya.

burung kacer pun disebut-sebut terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun sayang keberadaan kacer di alam bebas, baik kacer yang dadanya putih (kacer skoci/poci) dan kacer hitam jumlahnya makin terbatas lantaran sering diburu. Di pasaran harga kacer Bali jantan cukup mahal, untuk yang masih trotol harganya mencapai Rp 650 ribu.

Dibandingkan kacer Bali betina, kacer Bali jantan memang lebih banyak dicari. Alasannya sederhana, kacer jantan lebih sering berkicau dan memiliki karakter ‘fighter’ dibanding yang betina. Suara kicauan burung kacer pun kabarnya cukup indah dan merdu.

Demi melestarikan keberadaan burung kacer, pasangan suami istri asal Tamban, Kalimantan Selatan, H. Amat dan Muryani pun menekuni bisnis breeding kacer. Terlebih karena penangkar burung kacer beberapa tahun silam memang masih minim. “Kami menangkar Kacer baru berjalan kurang lebih setahun. Kami tertarik menangkar Kacer dengan tujuan untuk melestarikannya, sekaligus melihat peluang, karena di pasaran permintaan tinggi dan prospeknya menjanjikan,” ujarnya, seperti dilansir Mediabnr.

Mulanya Amat dan Muryani membeli sepasang indukan kacer. “Jantannya burung yang punya trah jawara seharga Rp 3,5 juta. Sedangkan indukan betina dengan harga Rp 700 ribu,” papar mereka.

Selanjutnya penjodohan kacer jantan dan betina itu dilakukan dengan tempel, di mana indukan jantan dan betina didekatkan dalam kandang. “Setelah satu minggu dan terlihat ada tanda-tanda sudah jodoh maka mereka dimasukkan ke kandang besar sampai pasangan tersebut terlihat bikin sarang. Tak lama kemudian kira-kira 12-15 hari, betinanya sudah bertelur dan mengeram,” ungkapnya.

Pakan yang dibutuhkan untuk kacer pun kabarnya tak sulit. “Hanya kroto segar ditambah jangkrik. Jangkrik tidak perlu banyak yang penting kroto selalu tersedia,” katanya. Sedangkan voer, mereka menggunakan voer BnR kuning ditambah pakan ayam.

Loading...