Populasi Semakin Menua, Singapura Diprediksi Naikkan GST

Suasana Merlion Park yang selalu ramai di Singapura - kompas.com

Singapura – Para ekonom memperkirakan jika Singapura akan menaikkan Goods and Service Tax (GST) atau Layanan dan untuk pertama kalinya dalam lebih dari 1 dekade pada tahun yang dimulai bulan April 2018 mendatang. Seperti diketahui, terakhir kali Singapura menaikkan pajak dan pada tahun 2007 silam dari angka 5% menjadi 7% dan masih berlaku sampai sekarang.

Salah seorang ekonomi di United Overseas Bank, Francis Tan memprediksi Singapura kemungkinan akan menaikkan GST hingga 8%. lain juga diperkirakan terjadi tahun depan sebesar 9%. Senada, Kit Wei Zheng dari Citigroup melihat kemungkinan GST 1 atau 2 persen poin. “Kami tidak dapat mencegah kemungkinan () dapat menggunakan rebound pertumbuhan baru-baru ini untuk mengejar kebijakan fiskal kontra-siklis melalui kenaikan GST,” ujarnya, seperti dilansir Nikkei.

Pemerintah diperkirakan akan mengumumkannya pada Senin depan sebagai bagian dari tahun 2018 terhitung mulai 1 April. Meski selama ini dikenal sebagai negara dengan pajak rendah, Singapura tengah mempertimbangkan berbagai upaya untuk membantu menaikkan dari sektor pajak. Terlebih saat ini Singapura dihadapkan pada masalah sebagian besar populasi penduduknya yang telah menua dan masalah pertumbuhan struktural.

Selama setahun terakhir pemerintah telah mengisyaratkan adanya peningkatan. “Ke depan, pengeluaran jelas akan meningkat. Kita harus melihat opsi menaikkan pajak,” kata Menteri Senior Negara Bagian Keuangan, Indranee Rajah.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebelumnya memprediksi populasi Singapura yang berusia 65 tahun ke atas akan naik jadi 23,2% pada tahun 2030, dari 13% saat ini. Kemudian belanja kesehatan pemerintah pada tahun fiskal berjalan sampai akhir Maret 2018 diperkirakan meningkat jadi 10,7 miliar dolar Singapura, hampir 3 kali lipat dari total dana yang dikeluarkan tahun 2010 lalu sebesar SGD 3,7 miliar.

Secara keseluruhan dalam anggaran fiskal 2017 GST ternyata berhasil menyumbang pendapatan sekitar 16% bagi Singapura. Dengan kenaikan 1 poin persentase pada GST setidaknya dapat menghasilkan SGD 1,6 miliar atau 2,3% dari total pendapatan. Tak hanya GST, pemerintah kabarnya juga akan menaikkan pajak mobil serta mempertimbangkan pungutan pajak baru untuk e-commerce. Para menteri sendiri masih belum menentukan pajak mana yang akan diajukan, namun tampaknya kenaikan GST menjadi pilihan yang paling memungkinkan menurut mayoritas ekonom.

Loading...