Pilihan Topping Beragam, Harga Martabak Mini Afrika Waka-Waka Mulai Rp3 Ribuan

Brand, harga, martabak, manis, martabak manis, marmin, pilihan, topping, per, box, satuan, biasa, spesial, event, booth, retribusi, pedagang, modal, franchise, waralaba, bisnis, usaha, order, konsumen, martabak mini, adonan, cheese, blueberry, varian, rasa, selera, pilihan, pegawai, waka wakaIlustrasi: martabak mini dengan aneka rasa topping (sumber: prelo.co.id)

manis atau biasa disebut terang bulan relatif mudah ditemukan karena disukai hampir semua kalangan, mulai -anak hingga dewasa. Penganan kesukaan orang Indonesia ini bisa dikreasikan dengan topping yang menarik. Salah satu martabak manis yang menawarkan berbagai pilihan topping adalah Martabak Mini Afrika Waka-Waka.

Franchise dari Jakarta ini sudah hadir di Solo melalui Chaprina Kurniati Utami Dewi. Meski baru 2 minggu berjualan martabak mini (marmin) di depan TK Kristen Manahan Solo, wanita tersebut mengaku hasilnya luar biasa. Dulu, dia bekerja di toko dengan sistem shift tetapi kesulitan bagi waktu untuk suami. Akhirnya wanita yang kerap disapa Chacha ini memutuskan keluar dan mencari kesibukan lain dengan membuka usaha. Modal sekitar Rp7.500.000, belum termasuk bahan-bahan digelontorkan untuk memulai.

Awalnya Chacha mempromosikan marmin ini dengan membagi brosur dan aplikasi chatting. Dia kemudian mencari tempat di depan TK Kristen Manahan lalu dibantu satu orang pegawai. Dia puas dengan hasil sendiri yang lebih banyak ketimbang kerja di tempat orang.

“Gampang dibikinnya dan Solo belum ada pelopor martabak mini. Mungkin di Solo sudah ada tapi ukurannya lebih tipis dan topping-nya tidak komplit. Peminatnya beragam dari anak-anak, remaja, ibu-ibu hingga orang kantoran juga,” jawab Chaca saat ditanya soal alasan memilih jenis usaha martabak

Chacha mengakui memang adonan mungkin semua sama tapi marmin Afrika Waka-Waka ini lebih tebal. Spesialnya di topping karena bisa memilih topping sesuai selera dan tampilannya yang cantik.

marmin terbagi menjadi dua, yaitu yang spesial dan biasa. Kalau pilih yang spesial asyiknya bisa mendapat topping semacam Toblerone, Nutella, Ovomaltine, Kitkat, Cadburry, Delfi, keju, dan strawberry buah. Sedangkan yang biasa lebih dari 30 jenis, seperti tabur coklat, coklat chio ceria, keep Chocolatos, blueberry chip ceria, berry double sweet, mocca pisang saus coklat, keju smile, keju aneka , keju vla pelangi, tornado durian ceria, lemonade cheese, pisang blueberry, dan lain-lain.

Marmin ini dipatok seharga Rp20 ribuan per box isi 4 untuk yang spesial, bila beli satuan Rp5.000. Sedangkan marmin biasa dipatok Rp15.000 per box isi 4, bila beli satuan Rp3.500. Untuk wilayah Solo kota minimal pemesanan 3 box bisa delivery service. Untuk luar kota termasuk kabupaten sekitar Solo minimal order 30 box. Kalau order banyak paling tidak dua hari sebelumnya. “Pernah ada konsumen yang komplain harganya kok mahal padahal ukurannya kecil. Tapi setelah mencoba rasanya pada ketagihan. Banyak yang repeat order,” ujarnya.

Dalam sehari, ia bisa menghasilkan 30-50 box. Ia menghabiskan adonan sekitar 3 kilogram di mana 1 kg bisa menjadi 100 martabak. Setiap hari, ia menyiapkan adonan saja karena topping sudah tersedia jadi. Chacha optimis dalam sebulan bisa balik modal. “Booth yang ringan dan kecil seperti ini kan praktis dibawa ke berbagai event. Pengen buka booth 1 lagi tapi buka malam di depan Lippo karena ramai. Tidak ada kendala kan tinggal bayar retribusi ke pemerintah dan izin sama pedagang-pedagang di sekitar yang sudah lebih dulu ada,” tandasnya.

Loading...