Peternak Ayam Mengeluh, Harga Pakan BR1 Saat Ini Sedang Melonjak

Pakan BR1 - srejekifarm.blogspot.comPakan BR1 - srejekifarm.blogspot.com

Para peternak ayam di Kota Lubuklinggau saat ini tengah mengeluhkan pakan ayam yang melambung di . Naiknya pakan tersebut tentunya berimbas pada daging ayam di pasaran yang dijual lebih mahal dari biasanya. Bagi peternak skala kecil tentunya kenaikan pakan ini terasa cukup memberatkan.

Salah satu peternak ayam bernama Beni mengungkapkan bahwa pakan ayam dimulai dari usia 0 hari sampai usia panen tidak bisa ditekan karena sudah diatur sesuai dengan porsinya. “Biasanya pakan BR 1 dalam per sak-nya Rp 380 ribu kini tembus Rp 387 ribu hingga Rp 390 ribu,” tutur Beni, Sabtu (19/5), seperti dilansir RadarSriwijaya.

ini mengakibatkan sejumlah peternak mengaku untuk menaikkan harga jual ayam k sejumlah pembeli, terutama untuk para pelanggan tetap seperti rumah makan. Meskipun mengalami kenaikan, harga yang ditawarkan dari peternak biasanya tidak dipatok terlalu tinggi karena masih bisa menyesuaikan. “Kalau dolar tetap naik hingga lebaran, kemungkinan harga pakan tidak akan turun dan ini akan memberatkan peternak,” sambung Beni.

Peternak lain bernama Putra juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut Putra, kenaikan harga pakan ayam BR1 memang terasa sangat memberatkan, sebab naiknya harga pakan terpaksa membuat petani turut menaikkan harga ayam yang dipasarkan. “Namun kenaikan harga tersebut tidak berlaku bagi pelanggan tetap, seperti rumah makan dan beberapa kuliner,” jelasnya.

Pakan BR1 sendiri biasanya digunakan untuk ayam berumur 1-21 hari yang diklaim berfungsi untuk perkembangan seluruh organ, mempercepat pertumbuhan, dan menghasilkan FCR terbaik. Pakan BR 1 mengandung komposisi yang terdiri dari air, protein kasar, lemak kasar, serat kasar, kalsium, phosphor, coccidiostat, hingga antibiotika.

Setidaknya terdapat beberapa merek atau yang memproduksi pakan BR1, misalnya saja PT Japfa Comfeed Indonesia dengan pakan broiler starter BR1 Crumble yang dijual dengan harga sekitar Rp 342.500 per sak, dan pakan BR1 besutan PT Wonokoyo Corporation Jawa Timur yang diperdagangkan dengan harga sekitar Rp 320 ribuan per sak.

Loading...