Pertama Kalinya, Forbes Rilis Daftar Orang Terkaya di Bisnis Mata Uang Kripto

Mata Uang Kripto - www.siyasetcafe.comMata Uang Kripto - www.siyasetcafe.com

Meski nilainya terus merosot, namun pamor , atau yang biasa disebut cryptocurrencies, tidak lantas memudar. Bahkan, Forbes, sebuah majalah bisnis terkemuka asal AS, yang dikenal dengan daftar World’s Billionaires-nya’, juga terkena ‘demam kripto’ dengan merilis daftar orang paling kaya yang memiliki investasi di kripto pada Selasa (6/2) kemarin waktu setempat.

“Penerbitan daftar orang terkaya ini adalah untuk memberikan sebuah snapshot dari momen penting,” ujar editor Forbes, Randall Lane, seperti dikutip dari Cointelegraph.com. “Ini adalah bagian dari transparansi yang dibutuhkan untuk menarik kripto menjauh dari asalnya sebagai mata uang pengedar narkoba dan memasuki level aset yang sah.”

Tetapi, jika menyusun daftar miliarder atau konvensional bisa dibilang tugas yang relatif mudah, tidak demikian ketika menghitung jumlah pasti kekayaan para taipan kripto terkaya di dunia. Pasalnya, cryptocurrencies adalah terdesentralisasi dan ter-enkripsi yang dimulai di luar sistem keuangan konvensional di global.

Daftar ‘Richest People in Cryptocurrency’ versi Forbes akhirnya dipecah menjadi lima kategori, yaitu idealis, pembangun, oportunis, pemain infrastruktur, dan investor. Untuk bisa masuk ke dalam daftar ini, seseorang setidaknya harus memperoleh lebih dari 350 juta dolar AS mata uang digital. Kekayaan bersih orang-orang yang termasuk dalam daftar ini dihitung berdasarkan ‘perkiraan’ kepemilikan kripto (dengan beberapa bukti), kentungan setelah dari aset kripto, dan taruhan dalam bisnis kripto.

Daftar itu sendiri terdiri dari 19 orang, dan posisi pertama ditempati oleh Chris Lauren, founder Ripple yang memiliki kekayaan ditaksir 8 miliar dolar AS. Di bawahnya, mengekor Joseph Lubin, co-founder Ethereum, dengan kekayaan 5 miliar dolar AS, Changpeng Zhao (CEO Binance) dengan kekayaan 2 miliar dolar AS, dan Cameron & Tyler Winklevoss dengan kekayaan 1,1 miliar dolar AS.

Forbes mengakui bahwa mereka mungkin telah meninggalkan beberapa orang dari daftar dan perkiraan mereka mungkin ‘sangat luas’. Di antara mereka yang ditinggalkan dari peringkat terkaya Forbes dalam kategori kripto, namun termasuk dalam daftar orang paling berpengaruh versi CryptoWeekly, adalah pendiri Litecoin, Charlie Lee, investor Bitcoin, Roger Ver, dan perintis kripto, Nick Szabo.

Loading...