Persediaan Stabil, Harga Daging Kambing Dijual Mulai Rp 80 Ribu Per Kilo

Daging Kambing - www.cantikitu.comDaging Kambing - www.cantikitu.com

Jakarta – Selain sapi, kambing juga menjadi salah satu yang dikonsumsi Indonesia sehari-hari. Sebulan menjelang Hari Raya Idul Adha 2017, daging kambing potong per kilo dan kambing hidup masih terpantau stabil.

Di pasar Sidodadi Kleco, Solo, daging kambing dengan harga Rp 80 ribuan per kilogram. “ pasar di Solo tidak ada gejolak, karena baik harga maupun stok barang stabil dan terjangkau,” kata Kepala Dinas Kota Surakarta, Subagyo, seperti dilansir Tempo.

Berbeda lagi dengan Jakarta, menurut data pangan Pemprov DKI Jakarta, harga daging kambing tertinggi di Jakarta berkisar di angka Rp 125 ribu per kg, sedangkan harga terendah adalah Rp 90 ribu per kilo. Di Pasar Senen Blok III-VI membanderol daging kambing potong dengan harga Rp 110 ribu/kg, Pasar Sunter Podomoro Rp 120 ribu/kg, Pasar Rawa Badak Rp 110 ribu/kg, Pasar Grogol Rp 120 ribu/kg, Pasar Minggu Rp 120 ribu/kg, dan Pasar Mayestik Rp 125 ribu per 1 kilo. Sedangkan harga terendah ada di Pasar Petojo Ilir, yakni Rp 90 ribu per kilo.

Sementara itu di Surabaya harga daging kambing per kilo dipatok Rp 80 ribuan per kilo menurut data dari Dinas Peternakan Jawa Timur (Jatim). Di Aceh Tenggara, kambing hidup kini mulai mengalami peningkatan. Pasalnya banyak masyarakat yang membeli kambing hidup untuk dijadikan hewan kurban saat Idul Adha kelak.

Salah satu pedagang kambing bernama Ustad mengaku jika biasanya ia hanya berhasil menjual sekitar 5-10 ekor kambing. Akan tetapi menjelang Idul Adha seperti saat ini penjualan kambingnya telah mencapai 15 ekor. “Biasa lakunya lima, tujuh, paling tingginya sepuluh ekor setiap hari Sabtu. Tapi hari ini sudah lima belas ekor laku. Yang pesan lewat telpon juga sudah banyak,” kata Ustad.

Di Pasar Hewan, Pulo Sanggar, Kutacane, harga jual kambing hidup sementara ini belum mengalami kenaikan. Kambing jantan umur 2 tahun yang biasanya dijadikan kurban saat ini sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per ekor.

Loading...