Permukaan Halus & Rata, Harga Kayu MDF per Lembar Ternyata Lebih Murah dari Plywood

Kayu MDF - media.rooang.comKayu MDF - media.rooang.com

Material medium density fiberboard alias MDF saat ini banyak disukai untuk menghias dengan maupun . Pasalnya harga MDF per lembar relatif murah meskipun tidak terlalu tahan lama untuk penggunaan jangka panjang. MDF adalah papan material yang tersusun dari kombinasi serat dan serbuk yang dipadatkan dalam tekanan dan temperatur suhu tinggi bantuan resin dalam prosesnya. Karena berasal dari serbuk , MDF kerap mengalami kerusakan seperti mengelupas di salah satu sisinya.

Meski mudah mengelupas, permukaan kayu MDF disebut-sebut lebih halus dan lebih rata dari permukaan kayu plywood. Harga kayu MDF per lembar bermacam-macam, tergantung dari ketebalannya. Adapun untuk triplek MDF 122 x 244 cm dengan tebal 9 mm dengan harga Rp 105 ribu per lembar, kemudian ukuran 122 x 244 cm tebal 15 mm harganya Rp 162 ribu per lembar, dan yang ketebalannya 18 mm harganya Rp 186 ribuan per lembar. Ada pula potongan kayu MDF dengan ketebalan lainnya seperti 3mm, 4mm, 6mm, hingga 20mm.

MDF memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya banyak disukai, antara lain permukaan lebih halus dan rata, memiliki karakteristik fleksibel dan mudah ditekuk untuk dijadikan alternatif rangka furnitur, harga lebih murah dari plywood, presisi ketebalan materialnya bagus, dan mudah untuk difinishing seperti dicat. Sayangnya kayu MDF juga memiliki kekurangan seperti dari segi ketahanan yang kurang bagus terhadap air, mudah patah, serta mengandung bahan yang sedikit mengganggu terutama bagi mereka yang memiliki alergi atau gangguan pernapasan.

Walaupun ada sejumlah kelemahan yang cukup mengganggu, ternyata hal itu masih bisa diatasi. Untuk memperbaiki retak dan pengelupasan, ternyata bisa memanfaatkan lem kayu untuk menyambung atau bisa juga mengisinya dengan filler atau isian partikel kayu di permukaan retakan, lalu poles bolak-balik sampai rata dan halus.

“Anda bisa mengecat ulang permukaan kayu MDF ketika sudah nampak kusam, atau membosankan. Sebelum mengecat, pulas permukaan kayu dengan cat primer. Gunakan primer berwarna abu-abu jika ingin mengecat furnitur dengan warna gelap,” demikian seperti dilansir Rumah. Sebaliknya, jika ingin mengecat dengan pilihan warna cerah bisa memakai primer warna putih. Namun bila kerusakan kayu MDF cukup parah dan tak bisa lagi diperbaiki, maka cara satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan kayu MDF yang baru.

Loading...