Permudah Akses dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo, Ini Harga Tiket KMP Komodo

KMP Komodo - (Youtube: Youris Kwen)KMP Komodo - (Youtube: Youris Kwen)

Dalam rangka mendukung kemudahan akses yang hendak bepergian dari Labuan Bajo menuju Komodo, meresmikan Kapal Motor (KMP) Komodo dan Dermaga Pulau Rinca di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Desember 2018 lalu. Kapal yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry ini memudahkan wisatawan yang akan menuju Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pink Beach.

Adapun atau tiket KMP Komodo dipatok mulai Rp 800 ribuan per pax, tergantung kelas yang dipilih. “Tiket Rp 800.000 ini sudah termasuk kapal kecil yang mengantar wisatawan dari KMP Komodo ke pulau,” kata Direktur Komersial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Yusuf Hadi, seperti dilansir Bisnis.

KMP Komodo nantinya akan sandar di Dermaga Pulau Komodo, tetapi tidak bisa langsung merapat ke Dermaga Pulau Padar dan Pink Beach lantaran kedalamannya terlalu dangkar. Oleh sebab itu, kapal harus melepas jangkar di tengah dan wisatawan akan diantarkan ke dermaga dengan kapal yang berukuran lebih kecil.

Peluncuran KMP Komodo merupakan salah satu bentuk kontribusi ASDP dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat. Kapal satu ini memiliki kapasitas angkut hingga 80 orang, serta di dalamnya sudah dilengkapi dengan AC, tempat duduk reclining seat yang dapat diatur tingkat kemiringannya, mini bar, entertainment, dan musala.

“Kapal akan melaju dengan kecepatan 9 knot. Setiap ruangan yang dihadirkan KMP Komodo didesain untuk dapat memberikan kenyamanan lebih kepada penumpangnya,” imbuh Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

Selain itu, KMP Komodo juga menyediakan area terbuka yang ada di dek kapal. Di area terbuka itu, para penumpang bisa duduk di kursi kayu sembari menikmati keindahan pemandangan laut Labuan Bajo. “Disediakan juga fasilitas kursi malas bagi penumpang kapal yang ingin berjemur, menikmati keindahan pemandangan Labuan Bajo dari atas kapal,” tutur Ira.

Meskipun waktu tempuhnya lebih lama (dua kali lipat dari waktu tempuh kapal biasa), KMP Komodo justru lebih memungkinkan para wisatawan untuk lebih nyaman menikmati pemandangan sekitar selama pelayaran berlangsung.

Loading...