Permohonan Bisa Secara Online, Ini Syarat dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Petugas PLN - petrominer.com

Menambah daya kini ternyata sudah tak serumit dulu. PT Perusahaan Negara () menawarkan kemudahan tambah daya listrik dengan pengajuan atau permohonan yang tidak perlu dilakukan dengan datang langsung ke kantor pelayanan . Meski demikian, ada sejumlah syarat dan biaya yang dibutuhkan untuk tambah daya listrik. Apa saja?

Sebelum mengajukan tambah daya listrik, sang pemohon tentunya harus menyiapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan, misalnya fotokopi rekening listrik terakhir, fotokopi KTP pemohon (apabila pemohon tidak sama dengan nama pelanggan, maka sebaiknya menyertakan surat kuasa, surat perjanjian , atau surat keterangan lainnya), denah lokasi bangunan/, biaya penyambungan (BP) sebesar selisih kenaikan daya kali yang berlaku, uang jaminan pelanggan (UJL) dikompensasikan dengan UJL yang telah dibayar, serta meterai.

Menurut Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka‎, permohonan penambahan daya listrik dapat dilakukan dengan langsung mendaftar ke Contact Center PLN 123 yang dapat diakses lewat ponsel (kode area + 123), atau secara lewat email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan website www.pln.co.id.

Proses penambahan daya listrik pun menurut Made cukup cepat karena waktu penambahan daya (PD) tidak lebih dari 24 jam. “Maksimal 1 hari menyala, jika tidak memerlukan tambahan jaringan listrik yang baru,” kata Made, seperti dilansir Liputan 6.

Biaya tambah daya listrik pun bermacam-macam, tergantung besar tegangan yang ingin ditambahkan. Permohonan ini bisa diajukan bagi pelanggan dari daya lama 450, 900, 1300, 2200, 3500, dan 4400 VA hingga ke daya maksimal sebesar 5500 VA. Sebagai contoh, untuk pelanggan yang ingin tambah daya dari 900 VA ke 1300 VA akan dikenai biaya sekitar Rp 374.800, kemudian untuk pelanggan yang ingin tambah daya dari 1300 VA ke 2200 VA biayanya berkisar Rp 843.300.

Besaran biaya tambah daya listrik tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Biasanya PLN juga menawarkan tambah daya listrik gratis pada momen-momen tertentu seperti pada Gemerlap Lebaran 2017 lalu. Sayangnya untuk tahun 2018 ini masih belum ada terbaru terkait tambah daya listrik gratis yang diselenggarakan oleh PLN. Namun biasanya info tersebut akan diumumkan di sejumlah media massa.

Loading...