Permintaan Meningkat Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Hari Ini Naik

Daging Sapi - www.runners.mxDaging Sapi - www.runners.mx

Umat muslim di Indonesia akan segera merayakan atau yang kerap disebut dengan Kurban pada tanggal 1 September 2017 mendatang. sapi hari ini di beberapa ada yang terpantau naik, namun ada pula yang masih stabil.

Di sejumlah pasar tradisional Kota Lhokseumawe harga daging sapi hingga akhir Agustus 2017 dilaporkan terus mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga daging sapi berkisar di angka Rp 140 ribu per kg maka hari Selasa (29/8) harga daging sapi naik Rp 10 ribu menjadi Rp 150 ribu per 1 kilogram. Kenaikan harga daging sapi di Lhokseumawe diperkirakan karena tingginya yang ingin membeli daging lebih awal menjelang tradisi perayaan meugang.

“Kemarin harganya Rp140 ribu per kilogram, hari ini menjadi Rp150 ribu per kilogram. Meugang nanti kemungkinan harganya akan tembus Rp170 ribu hingga Rp180 ribu per kilogram,” kata Jamal, salah satu daging sapi di Pasar Inpres Lhokseumawe, seperti dilansir Go Aceh.

Sementara itu di Bantul harga hewan kurban seperti sapi juga dilaporkan naik tak terkendali, bahkan kabarnya mencapai 25% dibanding hari biasa. Kenaikan harga sapi di Bantul saat ini ditengarai karena pasokan sapi siap potong di Bantul tak sebanding dengan permintaan pasar.

“Sekarang ini kenaikan cukup tinggi, jika sebelumnya Rp 15 juta kini bisa menembus Rp 18 juta bahkan bisa lebih. Ini merupakan fakta bahwa sapi siap potong di Bantul ini terbatas sehingga harga naik terus,” kata Ketua Persatuan Pengusaha Daging Sapi Segoroyoso (PPDSS), Ilham Ahmadi SE MSc di Pasar Hewan Imogiri Bantul, Selasa (29/8).

Berbeda dari Lhokseumawe dan Bantul, daya beli masyarakat terhadap daging sapi di Kota Malang justru terpantau menurun. Padahal Hari Raya Idul Adha hanya tinggal hitungan hari saja. Menurut salah satu pedagang daging di Pasar Besar Malang, Umi Djazuli, akibat daya beli warga Malang terhadap daging sapi menurun, omzet penjual daging sapi di Pasar Besar Malang pun turun 50% mulai sepekan belakangan ini.

“Biasanya sehari ini mampu menjual sedikitnya 20 kilogram daging sapi. Namun kini sepi pembeli. Lebaran kurban biasanya pembelinya sepi,” jelas Umi. Meski daya beli menurun, harga jual daging sapi di Malang kabarnya masih stabil di angka Rp 110 ribu per kg.

Loading...