Permintaan Meningkat, Harga Kayu Glugu 6×12 Berkisar Mulai Rp 50 Ribuan

Kayu Glugu - www.pengawetkayu.comKayu Glugu - www.pengawetkayu.com

Material kayu kini kerap digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari hingga keperluan . Jenis kayu sendiri ada bermacam-macam, tidak melulu didominasi oleh jenis-jenis kayu mahal seperti jati saja, tetapi kayu yang harganya lebih murah seperti kayu batang kelapa atau glugu kini juga banyak disukai oleh . Kayu glugu biasanya dalam berbagai , mulai dari 5 x 7 cm, 6 x 10 cm, 6 x 12 cm, hingga 8 x 12 cm.

Kekuatan kayu glugu sendiri umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Glugu yang berumur masih muda konon lebih cepat rusak dan dimakan rayap. Sedangkan glugu yang usianya di atas 30 tahun biasanya lebih kuat dan bisa dimanfaatkan mulai bagian akar sampai 3 meter di bawah manggar atau batang pohon kelapa.

Jika mencari bagian yang terkuat, maka pilihlah bagian luar atau kulit glugu untuk dimanfaatkan sebagai belandar. Meski demikian, glugu tidak terlalu cocok dipakai sebagai usuk atau penyangga genteng karena karakternya yang mudah melengkung, apalagi dengan bentangan 3-4 meter. Untuk mengatasinya bisa diselang-seling dengan kayu lain seperti jati atau kayu Kalimantan.

Di wilayah Sulawesi Tengah, kayu glugu banyak diminati sebagai bahan baku alternatif ebony dalam industri mebel. “ pasar untuk mebel berbahan baku kayu kelapa terus meningkat dan jenis produksinya juga terus melebar sehingga tidak lagi sebatas perabot rumah tangga seperti meja dan kursi tetapi juga kusen dan daun pintu ukir,” ujar Anwar Ramang, staf pemasaran UKM Karya Ebony yang bergerak di bidang mebel kayu kelapa di Wani, Kabupaten Donggala, Sulteng, seperti dilansir Skalanews.

Menurut Anwar, pesanan mebel dari kayu glugu cukup banyak lantaran kayu batang kelapa ini dinilai kuat dan memiliki karakteristik yang menarik karena serat teksturnya cukup unik dan indah. Konsumen pun beralih ke kayu glugu lantaran kayu lokal berkualitas tinggi saat ini semakin mahal harganya dan relatif sulit didapatkan. “Akhirnya kita beralih ke batang kelapa,” imbuhnya.

Harga kayu glugu 6×12 relatif terjangkau, sekitar Rp 60 ribu di semarang untuk kayu sepanjang 3 meter, sedangkan yang panjangnya 4 meter dijual Rp 80 ribu. Sementara itu di Sidoarjo harga kayu glugu 6 x 12 berkisar mulai Rp 58 ribu (panjang 3 meter) dan Rp 78 ribu (panjang 4 meter).

Loading...