Permintaan Meningkat Di Bulan Ramadhan, Harga Kurma Kiloan Stabil

Kurma Kiloan - www.tokopedia.comKurma Kiloan - www.tokopedia.com

Minat terhadap kurma meningkat. Hal ini karena animo masyarakat meningkat sesuai dengan anjuran agama, berbuka dengan kurma.

Hal tersebut disadari oleh , sehingga mereka menyiapkan persediaan buah kurma lebih banyak. Dengan persediaan yang ditambah tersebut, buah tersebut selalu laris dibeli.

“Kita siapkan stock untuk bulan puasa dan musim haji itu. Jadi pasti habis terus,” ujar Alex, salah satu pedagang PKL di Jl. KH Mas Mansyur, Jakarta.

Harga kurma dengan beragam harga. Mulai dari Rp 50.000 per kg hingga Rp 350.000 per kg.

kurma yang paling banyak peminat adalah kurma Madinah yang dijual dengan harga Rp 50.000 per kg. Kurma ini berbentuk lebih kecil, rasanya manis dan teksturnya lembut.

Sementara yang paling mahal adalah kurma Ajwa. Kurma ini berwarna hitam, sering disebut sebagai buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Harga per kilo nya mencapai Rp 350.000.

Untuk kurma jenis lain, seperti kurma Mesir, dianggap memiliki khasiat sendiri sebagai obat untuk beberapa seperti diabetes dan demam berdarah. Harga jual per kilonya mencapai Rp 60.000.

Kurma memang sudah lama dikenal sebagai buah yang berkhasiat. Buah ini baik untuk menjaga pencernaan, serta baik untuk kesehatan usus. Kurma merupakan sumber gula alami, sehingga dapat menjadi alternatif dalam memenuhi gula harian.

Kurma juga kaya akan nutrisi-nutrisi penting, sehingga menjadikannya sebagai multivitamin alami. Buah satu ini dapat berguna untuk mengatasi masalah anemia, menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, menyeimbangkan tekanan darah, serta berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

Salah satu tempat favorit berburu kurma di wilayah Jakarta adalah pasar tanah Abang. Selain didalam pasar tanah Abang sendiri, ada beberapa penjual yang memilih berjualan di pinggiran jalan.Hal itu seperti yang dilakukan oleh Alex. Ia lebih memilih berjualan di kaki lima karena lebih menguntungkan.

“Kalau di Blok F (Pasar Tanah Abang) biasanya pada malas. Soalnya harus parkir dan macet”, ujarnya.Sementara untuk omset, menurut Alex, dirinya dapat meraih sekitar Rp 5.000.000 per hari. Omset yang meningkat ini biasanya ia dapat pada saat bulan Ramadhan dan musim haji.

Hal yang sama juga terjadi di Palembang. Di kota pempek ini, sejumlah pedagang mengakui jumlah permintaan dan penjualan buah kurma mengalami peningkatan cukup signifikan pada bulan ini.

“Peningkatan jumlah permintaan buah kurma bisa sampai dua ratus persen dari hari biasa,” kata H Radenmat Rudi, pemilik toko sentra oleh-oleh umroh dan haji di Palembang.

Meskipun mengalami peningkatan jumlah permintaan, namun tokonya tetap menjual buah kurma dengan harga yang sama dengan hari biasa.

Pemilik toko sentra oleh-oleh tersebut mengatakan, dari belasan jenis buah kurma yang ditawarkan kepada pembeli, ada beberapa jenis yang paling diminati, yaitu kurma Khalas dan Dabba. Kedua jenis ini merupakan kurma dengan rasa enak dan harga terjangkau.

“Pelanggan bisa pilih buah kurma kiloan yang akan langsung kami kemas atau membeli merek sudah dikemas rapi,” kata H Radenmat Rudi.

Ia menambahkan, dalam sehari biasanya mereka dapat melayani puluhan pembeli yang rata-rata membeli dalam jumlah satu kilogram.

Loading...