Permintaan Jelang Imlek Meningkat, Berikut Harga Perhiasan Emas Hari Ini Per Gram dalam Rupiah

emas - financialtribune.comemas - financialtribune.com

seperti , baik yang berbentuk batangan maupun perhiasan hingga kini masih dianggap sebagai salah satu aset yang nilainya cukup stabil dan menguntungkan. Untuk perhiasan emas biasanya harganya dihitung berdasarkan berat maupun kadar emas di dalamnya (karat). Jika semakin berat dan karatnya semakin tinggi, maka harga perhiasan emas tersebut semakin mahal pula.

Sebagai informasi, harga perhiasan emas 24 karat hari ini Rp 612.700 per gram dalam rupiah, sedangkan untuk perhiasan emas 18 karat harga jualnya berkisar Rp 473.450 per gram. Harga perhiasan emas di tiap toko bisa sangat bervariasi. Perhiasan emas biasanya dalam wujud yang bermacam-macam, mulai dari kalung, cincin, gelang, anting atau giwang, hingga liontin. atau desain yang ditawarkan pun variatif, ada yang memang dikhususkan bagi dewasa dan ada pula yang dikhususkan bagi anak-anak.

Di antara kadar 1-24 karat, perhiasan emas kadar 70 atau sama dengan 14 karat ternyata menjadi jenis perhiasan yang cukup populer di toko emas. Alasannya sederhana, emas kadar 70 termasuk emas tua yang harganya relatif murah namun cukup tinggi jika dijual kembali ke toko emas atau pegadaian. Oleh sebab itu emas kadar 70 cukup diminati di . Emas kadar 70 biasanya memiliki kandungan 70% emas dengan campuran logam lain sebanyak 30%.

Tak hanya emas kadar 70, emas-emas muda seperti emas kadar 37,5 persen (9 karat) pun cukup diminati sebagai koleksi perhiasan. Emas kadar 37.5 memang kadar emasnya tak terlalu tinggi, tetapi harganya relatif lebih murah dibandingkan emas kadar 70.

Menjelang perayaan Imlek ini permintaan untuk emas batang maupun perhiasan emas umumnya akan mengalami kenaikan. Hal ini terlihat dari emas batangan di Provinsi Jawa Tengah yang meningkat pada Januari 2018 hingga terjual 9,6 kilogram. Menurut Marketing Representatif PT Antam Semarang Yulianto, Imlek adalah momen yang bagus untuk menjual emas. Pasalnya sejumlah orang keturunan Tionghoa yakin jika membeli emas ketika Imlek akan membawa keberuntungan.

“Kami coba memanfaatkan momen Imlek untuk memperoleh keuntungan dengan meluncurkan produk emas edisi Imlek, dengan menargetkan Etnis Tionghoa sebagai utama penjualan emas batangan,” jelas Yulianto, seperti dilansir Kabar24.

Lebih lanjut Yulianto menuturkan bahwa emas edisi khusus Imlek ini memiliki berat 88 gram dengan kadar emas murni 99,9% dan hanya diproduksi sebanyak 1.000 pcs di seluruh Indonesia. Ia juga yakin penjualan emas bulan ini bisa naik.

Loading...