Perlu Persyaratan Tambahan, Ini Kisaran Biaya Pengajuan Cerai Rapak

Biaya Pengajuan Cerai - womantalk.comBiaya Pengajuan Cerai - womantalk.com

Di pada dasarnya hanya ada 2 dalam pengajuan perceraian, yakni cerai talak dan cerai gugat. Namun pada perkembangannya, muncul istilah lain seperti cerai rapak. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan cerai rapak? Berapa cerai rapak?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rapak adalah tuntutan hak dari pihak istri karena ditinggal lama oleh suami tanpa diketahui pasti tempat suaminya berada. Dalam pengajuan gugatan cerai rapak biasanya diajukan oleh istri terhadap suami, meski tak menutup kemungkinan juga bahwa suami yang mengajukannya terhadap istri. Persyaratan umum gugatan cerai rapak pada dasarnya sama seperti perceraian biasa, namun ditambahkan persyaratan lain berupa Surat Keterangan Ghoib.

Surat Keterangan Ghaib sendiri artinya, yang tergugat pada waktu itu tidak diketahui keberadaannya dan sudah meninggalkan paling sedikit 3 bulan, terhitung dari mulai meninggalkan sampai diajukannya perceraian. Surat Keterangan Ghoib tersebut harus distempel atau dilegalisir oleh Kepala Desa (Kelurahan). Bagi istri atau suami yang mengajukan cerai gugat ghoib biasanya masih harus mengisi blanko khusus yang disediakan oleh pihak Pengadilan (PA).

“Jika di dalam perkawinan ada masalah antara suami istri maka dapat dilakukan ‘Pegatan’ (Perceraian). Jika istri menjatuhkan cerai disebut ‘talak’ sedangkan istri meminta cerai kepada suami disebut ‘talik’. Jika keinginan istri tidak dikabulkan oleh suami, istri mengajukan ke pengadilan maka disebut ‘rapak’,” kata Togar, Humas Pengadilan Negeri Semarang, seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu, untuk biaya cerai rapak juga sama saja seperti pengajuan perceraian pada umumnya. Penggugat masih harus membayar Panjar Biaya Perkara yang biasanya dikategorikan berdasarkan radius alamatnya. Sebagai gambaran, cerai talak (diajukan suami pada istri) di PA Jakarta Utara kisaran jumlah biaya panjarnya dipatok sekitar Rp 1.016.000, sedangkan untuk cerai gugat (diajukan istri terhadap suami) total biaya panjarnya berkisar Rp 816 ribu.

Biaya panjar perkara ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu dan besaran atau nominal di setiap daerah bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan pihak Pengadilan Agama tempat dilayangkannya gugatan cerai. Biaya tersebut juga belum termasuk biaya lain-lain seperti pengacara atau sebagainya.

Loading...