Perlu Dilakukan Berkala, Biaya Membersihkan AC Mobil Mulai Rp 300 Ribuan

biaya, membersihkan, ac, mobil, Rp 400 ribuan, evaporator, komponen, kabin, body, pembersihan, jalur, udara, dan, kisi-kisi, berbeda, blower, kondensor, menghirup, servis, rutin, berkalaIlustrasi membersihkan AC mobil (www.truneto.com)

Tidak hanya body yang perlu dibersihkan serta dirawat, yang lain juga perlu diperhatikan kebersihannya. Seperti AC . Tindakan terhadap komponen tersebut tidak perlu menunggu bermasalah dahulu baru dibawa ke , tetapi ada baiknya dilakukan rutin. Selain supaya tetap awet, juga dapat menekan servis AC jika perawatan dilakukan secara berkala.

Bagian-bagian dari AC Mobil terdiri dari beberapa komponen yang terpisah namun menjadi satu kesatuan dalam menghasilkan suhu dingin di dalam kabin mobil. Komponen tersebut antara lain kompresor, evaporator, expansi valve, kondensor, dan receive dryer. Kelima komponen tersebut menunjang AC Mobil. Apabila salah satu mengalami masalah, maka kerja AC menjadi tidak maksimal.

Untuk menunjang kerja AC, salah satu komponen, yaitu evaporator, disarankan untuk dibersihkan minimal setahun sekali, atau setiap 20.000 km. Apabila kurang dari jarak tersebut juga dinilai lebih bak, karena pada dasarnya yang dihirup di dalam kabin pasti melewati komponen penting tersebut.

Jika evaporator kotor, berarti udara yang dihirup di dalam kabin mobil pada saat menyalakan AC juga kotor. Secara sederhana, fungsi evaporator adalah menyerap udara panas dan menghembuskan kembali menjadi udara dingin.

”Ini biasanya orang nggak sadar. Tau-tau waktu mau bersihin AC, evaporator sudah ditutup kotoran lembek seperti lumpur. Itu yang mereka hirup tiap hari,” ujar Yusuf dari Auto Service Car Sarana Banyumas Motor, spesialis AC.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut bukan bermaksud untuk menakuti-nakuti. Tetapi, pada kenyataannya, terdapat banyak kotoran yang menempel pada kisi-kisi evaporator. Padahal, menurut Yusuf, kotoran-kotoran tersebut ada pada mobil yang baru dipakai dalam waktu kurang dari satu tahun. “Ya selama ini mereka menghirup lumpur evaporator. Mungkin baunya agak beda, tapi tidak begitu dihiraukan,” ucapnya.

Ia pun menyarankan agar pemilik mobil rajin membersihkan komponen AC, paling tidak enam bulan sekali. Untuk biaya, dinilai cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 400 ribuan. tersebut sudah termasuk pembersihan jalur udara dan kisi-kisi.

Harga tersebut bisa saja berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya. Misalnya, rata-rata bengkel AC akan mematok biaya servis lebih murah untuk mobil buatan Jepang dibanding Eropa. Jika servis AC mobil Jepang berada di kisaran mulai Rp 300 ribuan, sedangkan untuk mobil Eropa setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp 1,2 juta sampai Rp 2 juta. Servis tersebut meliputi perawatan evaporator, pembersihan blower, kondensor dengan waktu pengerjaan sekitar 2 jam.

Ada pula proses mengerjakan dengan menurunkan seluruh komponen dan dibersihkan dengan lebih detail, dengan flushing treatment (menggunakan komputerisasi/ lax) tanpa bongkar komponen. Proses pengerjaannya lebih cepat, yaitu sekitar satu jam.

Loading...