Perlu Diganti Berkala, Harga Karet Wiper Mobil Honda Brio Dibanderol Mulai Rp 95 Ribu

New Honda Brio RS Matic Facelift - pusat-honda.com

Perawatan umumnya lebih rumit dari sepeda motor. Beberapa dan aksesoris biasanya akan berkurang performanya seiring dengan masa pemakaian. Walaupun terkadang terlihat sepele, namun aksesoris seperti karet wiper juga perlu dirawat, apalagi jika sedang musim seperti saat ini. Karet wiper yang bagus bisa membersihkan kaca dengan baik ketika sedang agar tidak mengganggu jarak pandang. Namun apakah wiper juga memiliki batas usia pakai?

Pemilik Orange Garage, Octa Bond berpendapat bahwa para pemilik mobil seharusnya rutin mengganti karet wiper pada mobilnya, maksimal 1 tahun pemakaian. “Untuk penggantian karet wiper seharusnya itu memang enggak ada batas pasti untuk umur, tergantung pemakaian. Tapi maksimal itu diganti satu tahun pemakaian,” ujar Octa, seperti dilansir Viva.

Lebih lanjut Octa menuturkan bahwa karet wiper yang umurnya sudah melebihi 1 tahun biasanya kinerjanya sudah tak terlalu maksimal dalam membersihkan air pada kaca mobil, baik depan maupun belakang. Apalagi jika karet wiper telah mengeras. Kondisi semacam itu justru bisa membuat kaca mobil menjadi lebih mudah tergores dan akan mengganggu penglihatan pengendara ketika mengemudikan mobilnya di tengah hujan.

“Wiper mobil juga harus diperiksa secara rutin oleh pemilik mobil. Harus dilihat apakah masih bisa bekerja maksimal, karena cuaca buruk bisa secara tiba-tiba datang,” ungkap Octa. Lantas berapa karet wiper mobil di ?

Sebagai contoh, harga karet wiper atau wiper blade untuk mobil Brio dipatok bervariasi, tergantung mereknya. Adapun karet wiper depan Brio merk Aspira dijual dengan kisaran harga mulai Rp 95 ribuan per set (kiri ukuran 14” dan kanan size 22”), karet wiper depan Bosch harganya mulai Rp 148 ribuan, sedangkan untuk karet wiper belakang Brio harganya mulai Rp 235 ribuan.

Pembelian karet wiper mobil biasanya harus disesuaikan dengan mobil. Namun ada pula beberapa karet wiper yang bisa dipakai untuk sejumlah mobil sekaligus, seperti karet wiper Brio biasanya juga dapat digunakan untuk mobil Honda Jazz, CRV, Freed, Mobilio, BRV, hingga City. Namun agar lebih pasti, sebaiknya tanyakan dulu pada penjual atau bengkel terdekat.

Loading...