Perlu Dibersihkan Secara Rutin, Berapa Tarif Jasa Sedot WC?

Ilustrasi : Mobil sedot WC - www.iklankalbar.com

Limbah tangga, termasuk yang berada di juga perlu dikelola dengan baik. Selain untuk faktor kenyamanan, pengelolaan limbah tersebut juga penting untuk kesehatan sang penghuni . Sayangnya selama ini banyak masyarakat yang menyepelekan kebersihan kamar mandi hingga membiarkan WC mereka mampet. Padahal atau untuk sekali WC pada dasarnya tidak terlalu mahal.

Penyedotan septic tank sebenarnya dianjurkan untuk dilakukan secara rutin, tidak perlu menunggu sampai WC mampet. “Banyak orang acuh tak acuh untuk masalah septic tank. Banyak orang yang hingga 10 tahun juga belum menyedot septic tank -nya. Padahal, ini sangat berdampak buruk pada kebersihan air mereka,” kata salah seorang Suku Dinas Kebersihan Jakarta, Robert, seperti dilansir Kompas. Lebih lanjut Robert menjelaskan, waktu atau jadwal penyedotan septic tank yang ideal adalah antara 1 sampai 2 tahun sekali.

Sementara itu, salah seorang petugas sedot WC bernama Suhardi mengatakan, untuk sedot WC bermacam-macam. “Harga sedot WC bisa tergantung besarnya tangki pada truk. Ada truk yang menampung limbah dengan kapasitas 2, 4, hingga 6 per meter kubik,” beber Suhardi.

Adapun tarif sedot WC menggunakan jasa Dinas Kebersihan biasanya relatif lebih murah. Berdasarkan beberapa tahun lalu, jasa sedot WC di Dinas Kebersihan dikenai tarif atau biaya retribusi sekitar Rp 75 ribu per meter kubik.

Lain dengan jasa sedot WC swasta, biayanya bisa lebih mahal. Jasa sedot WC swasta biasanya mematok biaya di atas Rp 300 ribu. Sebagai contoh di salah satu penyedia jasa sedot WC dengan cakupan wilayah kerja Kabupaten Mojokerto, Jombang, dan Kediri mematok harga jasa sedot WC per strip antara Rp 70 ribu sampai Rp 100 ribuan, sedangkan per truk tangki Rp 400 ribu hingga Rp 650 ribu.

Lalu untuk sedot limbah industri sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 850 ribu, jasa pelancaran WC mampet berkisar Rp 500 ribuan hingga Rp 650 ribuan, dan untuk jasa perbaikan septictank antara Rp 850 ribu hingga Rp 1 juta. Tarif sedot WC di wilayah lain seperti di Tangerang, Jakarta, Pusat, Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Ciputat, Depok, atau Bogor bisa berbeda-beda.

Loading...