Perlu Dibersihkan & Diganti Secara Berkala, Ini Harga Filter Udara untuk Mobil Avanza

Harga Filter Udara - nasional.kompas.comHarga Filter Udara - nasional.kompas.com

Filter udara termasuk yang vital dalam suatu . Komponen satu ini sebenarnya juga bisa dirawat agar dapat menunjang performa mobil. Merawat filter udara bisa dilakukan dengan cara rutin dibersihkan. Cara membersihkan filter udara yang tidak terlalu kotor bisa dengan cara menyemprotkan kompresor angin. Namun jika kondisinya sudah sangat kotor, maka sebaiknya dicuci dengan yang dicampur sabun atau sampo mobil.

Idealnya, filter udara dibersihkan setiap mencapai 10 ribu km. Tetapi bila sudah mencapai 40 ribu km sebaiknya segera diganti dengan yang baru. “Dengan udara yang bersih di ruang pembakaran, makan dampaknya bisa menjaga performa mobil tetap prima. Apabila filter udara yang kotor terus dipakai, maka dampaknya akan merugikan karena bisa menyebabkan beberapa masalah pada mobil,” kata Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, seperti dilansir Kompas.

Saat filter udara kotor, masalah yang mungkin dihadapi bisa bermacam-macam, mulai dari performa yang turun, hingga berpengaruh pada yang boros. Oleh sebab itu, sebagai mobil sebaiknya rutin mengecek sendiri filter udara, jangan hanya mengandalkan saat perawatan berkala.

Menurut Suparman sebenarnya tak ada standar baku kapan sebaiknya filter udara mobil harus dibersihkan atau diganti. Pasalnya kondisi filter udara sangat bergantung pada kondisi jalanan yang sering dilalui oleh kendaraan itu sendiri. Apabila sebuah mobil sering melewati daerah proyek atau pertambangan, pasti filter udaranya lebih mudah kotor daripada mobil yang hanya digunakan untuk melintasi jalanan perkotaan.

“Dianjurkan setiap 40.000 km mengganti filter baru bagi yang bermesin bensin, sementara untuk yang diesel wajib dilakukan tiap 30.000 km. Namun demikian, dalam kondisi tertentu ada beberapa mobil yang membutuhkan pergantian filter udara lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan, jadi tergantung faktor eksternal atau lingkungan juga,” jelas Suparman.

Filter udara untuk mobil Avanza misalnya. filter udara mobil Avanza bervariasi di pasaran, tergantung tipe dan kualitasnya. Sebagai contoh untuk filter udara mobil Toyota Avanza VVTI original atau asli harganya Rp 130 ribuan, ada pula untuk All New Avanza Rp 95 ribuan, dan sebagainya.

Loading...