Perlambatan Ekonomi Tiongkok Lemahkan Rupiah & Mata Uang Asia lainnya

Rupiah 100ribuNilai tukar pagi ini (25/8) dibuka dengan sedikit pelemahan. Indeks Dolar menyatakan bahwa Rupiah turun 6 poin (setara 0,04%) di level 14.056 per Dolar AS pada saat dibuka pada pukul 08.00 WIB. Selang 8 menit kemudian, tepat pada pukul 08.08 WIB, Rupiah kembali 7 poin hingga berada di level Rp 14.063 per Dolar AS.

Analis PT NH Korondo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengungkapkan bahwa pelemahan Rupiah kali ini masih berkaitan dengan belum munculnya sentimen positif sebagai senjata Rupiah. “Sebelumnya kami sampaikan, laju Rupiah kian tertekan sehingga menguburkan harapan adanya perbaikan laju Rupiah dalam waktu dekat,” tuturnya.

Merosotnya nilai tukar terhadap Dolar juga memberikan dampak bagi nilai tukar mata uang asia pasifik lainnya, termasuk Rupiah. “ yang melemah seiring dengan meningkatnya kekhawatiran akan kian melambatnya ekonomi Tiongkok dan akan berimbas pada negara-negara Asia lainnya, dan kemungkinan akan menginfeksi , (serta) memberikan sentimen negatif pada pelaku . Sehingga Rupiah (ikut) melemah,” Ungkap Reza dala risetnya yang diterima oleh awak media, pagi ini (25/8).

Reza memperkirakan pergerakan Rupiah hari ini masih berada di bawah target 13.800-an. “Laju Rupiah di bawah target support Rp 13.896 per Dolar AS. Hari ini diperkirakan (Rupiah bergerak) pada kisaran Rp 14.045 – Rp 13.992 / ( tengah ),” paparnya.

Loading...