Perjalanan Jauh Jadi Singkat, Harga Tiket Kereta Shinkansen Dipatok Lebih dari Rp 1 Jutaan

Kereta Shinkansen - matcha-jp.comKereta Shinkansen - matcha-jp.com

Di bukan hanya pesawat yang menjadi moda transportasi , tetapi juga ada . Berbeda dari Indonesia, Jepang memiliki kereta super cepat yang dinamakan Shinkansen alias kereta peluru (bullet train). Tak main-main, Shinkansen bisa melaju hingga lebih dari 300 km per jam. Namun bagi orang Indonesia, di Jepang mungkin terdengar cukup membingungkan. Pasalnya Shinkansen terdiri dari 2 komponen, yakni dasar dan seat fee.

Terdapat beberapa keberangkatan Shinkansen berdasar waktu tempuhnya, misalnya pada jalur Tokaido tersedia Nozomi yang merupakan Shinkansen dengan kecepatan paling ekspres dan paling sedikit frekuensi berhentinya. Kemudian di belakangnya ada Hikari, dan yang terakhir adalah Kodama yang berhenti di semua stasiun. Sementara itu pada jalur Hokuriku (Tokyo-Nagano-Kanazawa), dibedakan jadi Kagayaki (paling cepat) dan Hakutaka. Kedua kereta tersebut menggunakan armada E7 Series.

Nah, walaupun Nozomi merupakan armada yang paling cepat, kereta ini masih berhenti di stasiun besar. Misalnya Shinkansen rute Tokyo-Osaka, akan berhenti di Stasiun Shinagawa, Shin-Yokohama, Nagoya, Kyoto, dan berakhir di Stasiun Shin-Osaka. Harga tiket Shinkansen rute Tokyo-Kyoto sekitar 13.710 yen atau setara Rp 1,7 jutaan yang terdiri dari 2 tiket. Tiket pertama seharga 8.210 yen atau Rp 1 jutaan dan 5.500 yen yang setara Rp 700 ribuan.

Mengapa harus membayar 2 tiket? “8.210 yen adalah untuk tarif jurusan Tokyo-Kyoto, sedangkan 5.500 yen adalah tarif tambahan karena memilih kereta cepat untuk rute tersebut,” ujar Toby, salah seorang tour guide seperti dilansir Detik. Menariknya perjalanan dari Tokyo ke Kyoto yang jaraknya mencapai 500 km dengan Shinkansen Nozomi hanya membutuhkan waktu 2 jam 15 menit saja.

Kemudian harga tiket Shinkansen untuk rute lain seperti Tokyo-Osaka dipatok 13.620 yen, Tokyo-Nagoya 10.360 yen, Tokyo-Shin-Hakodate 22.690 yen, Shin-Hakodate-Sapporo 8.310 yen, dan Tokyo-Toyama 12.730 yen. Membeli tiket Shinkansen pun bukan dilakukan di loket, tetapi menggunakan khusus. Sedangkan untuk mengetahui jenis kereta Shinkansen dan memilih jadwal (schedule), bisa mengakses website seperti Jorudan atau Hyperdia.

Loading...