Perdebatan Skala Mulai Temui Titik Terang, Bitcoin Naik ke Level $ 2.757,54

BitcoinBitcoin

Harga Bitcoin kembali merangkak sebesar 2,35% ke posisi USD 2.757,54 atau sekitar Rp 36,7 jutaan setelah dibuka pada level USD 2.694,29 pada perdagangan hari ini, Sabtu (22/7), berdasarkan dari Coindesk Index. Sepanjang hari ini, BTC diperdagangkan pada level tertinggi sebesar USD 2.762,51 dan level terendah sebesar USD 2.678,04, dengan pangsa pasar sebesar USD 45,26 miliar.

Pada Kamis (20/7) lalu Bitcoin sempat menyentuh level USD 2.948,51, nyaris mendekati rekor tertinggi USD 3.025,47 yang sempat diraih pada (11/6) lalu. Namun pada Jumat (21/7) kemarin cryptocurrency teratas ini diperdagangkan 5,08% lebih rendah di level USD 2.731,24.

Sebelumnya di kalangan para penambang Bitcoin masih ramai isu seputar pembagian skala Bitcoin. Namun masa depan Bitcoin tampaknya mulai menunjukkan sesuatu yang positif dan membuat harganya melonjak pada Kamis lalu. Dalam komunitas bitcoin terjadi perdebatan seputar skala lantaran terdapat banyak tersimpan pada bitcoin blockchain yang merupakan yang mendasari cryptocurrency. Pasalnya, kode bitcoin hanya mengizinkan beberapa transaksi saja yang masuk melalui satu blok.

Tingginya terhadap Bitcoin belakangan ini membuat blok tersebut seolah tak mampu menangani banyaknya transaksi yang masuk. Oleh sebab itu perdebatan berkisar seputar bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan blok yang bisa mempercepat transaksi.

Di satu sisi ada beberapa kalangan penambang yang mendukung solusi yang disebut ‘BIP 148’ yang kemungkinan menyebabkan ‘fork’ di blockchain. Dengan demikian akan muncul 2 blockchain terpisah yang menimbulkan 2 token bitcoin pun terpecah menjadi 2 kubu.

Sementara itu kelompok lainnya mendukung proposisi yang dinamakan ‘BIP 91’ yang akan mengenalkan solusi bernama SegWit2X ke blockchain. SegWit adalah singkatan dari ‘Segregated Witness’ yang akan memindahkan beberapa data di luar bitcoin utama untuk meningkatkan kapasitasnya. Solusi ini ditanggapi negatif oleh beberapa penambang karena menyebabkan fee yang mereka dapatkan menjadi lebih sedikit.

Namun rupanya para penambang mayoritas menerima proposal BIP 91 yang akan meningkatkan ukuran blok. Seperti dilaporkan CoinDance, update kode baru BIP 91 telah dikunci dengan 93,8 persen penambang. Sebanyak 93,8% dinyatakan setuju untuk menjalankan pembaruan lunak berkode BIP 91 tersebut dengan periode penyesuaian sekitar 2 minggu.

Namun ada sejumlah masalah yang kemungkinan akan muncul. Menurut pengembang Bitcoin, Bryan Bishop, “Para penambang mungkin tidak mengupgrade perangkat lunak mereka, meskipun mereka memberi isyarat bahwa mereka akan melakukannya,” ujarnya seperti dilansir dari CNBC.

Loading...