Perbaiki Penampilan, Harga Crown Gigi Porselen Berkisar Ratusan Ribu Hingga Jutaan Rupiah

harga, crown, gigi, porselen, bahan, all, emax, material, jaket, penampilan, bolong, patah, dokter, dental, bleaching, warna, pemilihan, tiruan, konsultasi, biaya, pemasangan, teknikIlustrasi pemasangan crown gigi (sumber: aliexpress.com)

Penampilan seperti keropos atau patah dapat membuat penampilan dianggap menjadi kurang menarik. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan crown atau penjaketan . Penjaketan atau crown biasanya menjadi pilihan ketika seseorang mengalami kerusakan . “Untuk mengembalikan fungsinya,” jelas Prof. drg. Heriandi S. SpKGA., PhD., guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Teknik penjaketan ini bisa dilakukan untuk mengatasi sejumlah kerusakan gigi. Misalnya gigi yang bolong dan tidak bisa ditambal bisa dibuatkan jaket atau selubung gigi. Crown memiliki ciri seperti gigi asli baik dari bentuk anatominya maupun warnanya. Teknik crown pun bisa digunakan untuk memperbaiki gigi yang patah. akan menggabungkannya kembali dengan teknik crown and bridge. “Untuk menghubungkan gigi dengan gigi yang lain,” jelas drg. Heriandi.

Penjaketan gigi tidak hanya sebatas memperbaiki gigi yang rusak, namun juga bisa mempercantik gigi. Misalnya, jika Anda ingin memiliki dua gigi bagian atas lebih panjang seperti kelinci. Dokter akan menambahkan jaket atau crown pada bagian gigi yang ingin tampak lebih panjang.

Menurut drg. Heriandi, apabila Anda tertarik melakukan crown gigi, biayanya bisa berbeda-beda tergantung yang digunakan untuk pembuatan crown atau jaket. Materi pembuatan crown ini biasanya metal, porselen atau stainless-steel. “Harganya antara Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 jutaan,” jelas drg. Heriandi.

atau itu tentu saja bisa berbeda. Misalnya di Eliza Dental Care yang berlokasi di Probolinggo, mematok crown gigi metal porselen sebesar Rp 900 ribu, crown all porselen emax Rp 2 juta, dan crown all porselen zirconia Rp 2,5 juta.

Sementara itu, di Global Estetik, harga untuk pemasangan jaket crown all acryclic sebesar Rp 750 ribu, crown metal porselen Rp 2 jutaan, crown all porselen emax Rp 3 juta, crown all porselen zirconia Rp 3,5 juta.

Untuk Anda yang ingin memperbaiki atau mempercantik gigi dengan teknik crown ini sebaiknya tidak hanya mengetahui harganya saja. Risiko atau hal apa yang akan dirasakan setelah penjaketan gigi juga perlu diketahui.

Pada beberapa kondisi, crown yang sudah dipasang juga bisa lepas. Biasanya hal itu terjadi karena pemasangan yang kurang tepat, kurangnya perekat atau struktur gigi terlalu kecil sehingga tidak bisa menopang crown. Selain itu, beberapa orang juga bisa mengalami reaksi alergi pada penggunaan material crown. Jika dua hal itu terjadi, segera konsultasikan ke dokter gigi Anda.

Jika Anda sudah dipasangi crown, kemudian melihat ada perbedaan gigi buatan dengan gigi asli Anda. Dan, untuk menyamakan gigi itu, Anda ingin melakukan bleaching, maka sebaiknya dulu dengan dokter gigi, karena biasanya tindakan bleaching tidak disarankan untuk dilakukan.

“Mahkota atau crown tidak dapat diputihkan dengan dental bleaching, dan apabila warna crown kurang sesuai dengan gigi sebelahnya, maka untuk menyesuaikannya, diperlukan penggantian crown dengan melakukan pemilihan warna ulang,” ujar drg. Arni Maharani.

Loading...