Perawatannya Rumit, Harga Kuda Delman Bisa Dibanderol Sampai Rp 30 Jutaan

Kuda Delman - (Youtube: Lintang Akayla )Kuda Delman - (Youtube: Lintang Akayla )

Kuda di masa lampau mungkin banyak dimanfaatkan sebagai tunggangan untuk menuju ke berbagai tempat. Namun di masa sekarang, masyarakat modern lebih suka naik kendaraan pribadi layaknya mobil atau sepeda motor karena lebih cepat dan tentunya perawatannya pun tidak serepot mengurus seekor kuda. Namun masih saja ada kusir atau pengusaha yang memiliki kuda untuk dimanfaatkan sebagai penarik delman. Dibandingkan motor, kuda delman memang relatif mahal.

Berdasarkan penelusuran di dan sejumlah e-commerce, harga kuda delman berkisar mulai Rp 15 jutaan hingga Rp 30 jutaan per ekor. Cukup mahal bukan? Walau bukan dipakai untuk ‘kendaraan’ sehari-hari, kuda delman kini lebih banyak dimanfaatkan untuk keperluan rekreasional di sejumlah tempat wisata. Sebagai di daerah Monas untuk berkeliling naik delman hias dikenai Rp 100 ribu. Lalu di malam CNI Kembangan, Jakarta Barat biaya naik kuda tunggang sekitar Rp 15 ribu.

Sayangnya keberadaan transportasi tradisional macam delman atau dokar ini di Salatiga dari tahun ke tahun mulai menurun. Kabarnya dari sekitar 300 delman tahun 1970-an, pada tahun 2012 lalu yang beroperasi hanya tinggal sekitar 40 delman saja. Menurut salah satu pengelola delman, Umar, jumlah delman makin berkurang karena termakan zaman. “Delman tidak beroperasi bisa karena kusirnya pensiun atau kudanya sudah tua dan pemiliknya tidak mampu beli kuda baru,” jelas Umar, seperti dilansir Kompas.

Bukan hanya itu, untuk menjadi seorang kusir alias tukang delman pun tidak mudah. Selain biaya pengelolaan delman yang relatif mahal, seorang kusir juga harus memahami betul karakter kudanya. satu set delman setengah kayu bisa dibanderol mulai Rp 2,5 jutaan, lalu kuda Kuningan harganya mulai Rp 15 jutaan, jadi total untuk sebuah delman saja setidaknya membutuhkan dana Rp 17,5 jutaan.

“Untuk menjadi kusir delman, susah susah gampang. Karena harus bisa mengerti karakter kudanya. Jika asal-asalan, kuda bisa ngadat,” ujar salah seorang kusir bernama Maman, seperti dilansir Kuninganterkini.

Loading...