Perangkat Keluaran Suara, Berapa Harga Speaker 18 Inch Second?

Ilustrasi : Speaker RCF 18 inch - kreasindomusic.com

JAKARTA – Jika harga baru dirasa kelewat mahal, maka membeli bisa menjadi alternatif yang menarik, termasuk ketika berburu speaker. Pasalnya, jika Anda teliti, Anda bisa mendapatkan speaker bekas namun dengan kualitas audio yang lumayan. Speaker sendiri telah tersedia dalam beragam ukuran, mulai 12 inch, 18 inch, atau 21 inch, dengan harga lumayan terjangkau.

Jika Anda menelusuri barang bekas atau jual beli online, Anda akan menemukan banyak yang menawarkan speaker second. Speaker berukuran 18 inch misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga berkisar Rp1,8 jutaan untuk merek AR18J, sedangkan merek ACR dijual dengan harga Rp1 jutaan. Sementara, untuk yang lebih murah, ada merek JBL dengan harga Rp690 ribuan.

“Speaker merupakan keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/,” tulis Audio Engine dalam situs resminya. “Speaker juga bisa disebut sebagai alat bantu untuk keluaran yang dihasilkan oleh musik seperti MP3 Player, DVD Player, dan lain sebagainya.”

Sumber yang sama menerangkan bahwa dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang pada awalnya dari perangkat penguat audio menjadi gelombang getaran, yaitu berupa suara itu sendiri. dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan, lalu dipengaruhi gaya magnet.

Sayangnya, meski merupakan produk yang familiar, masih banyak yang belum bisa membedakan antara speaker dan subwoofer. Secara bentuk, speaker dan subwoofer memang memiliki desain yang serupa, tetapi keduanya punya fungsi yang berbeda. Jika speaker menjadi media untuk mereproduksi suara dari daya listrik, maka subwoofer merupakan sistem speaker bass yang bisa menghasilkan frekuensi lebih rendah.

“Fungsi utama subwoofer untuk memproduksi frekuensi suara mulai dari 10 Hz hingga 200 Hz. Dalam cakupan frekuensi suara yang lengkap, terutama untuk musikalitas yang baik,” jelas Eddie Susanto dari Cartens AutoSound, dilansir Kompas. “Musikalitas yang baik memiliki cakupan rentang frekuensi lengkap dari 20 Hz hingga 29 KHz.”

Loading...