Penyiraman Lebih Praktis, WC Jongkok dengan Flush Dijual Mulai Harga Rp 1,7 Jutaan

WC Jongkok dengan Flush - www.dekoruma.comWC Jongkok dengan Flush - www.dekoruma.com

Meskipun sudah lebih dan nyaman, rupanya tak semua orang menyukai WC atau kloset model duduk. Alasannya ada bermacam-macam, mulai dari perasaan kurang nyaman duduk di kloset bekas orang lain atau mungkin bisa juga karena alasan kesulitan untuk BAB dalam posisi duduk, dan lain sebagainya. Akan tetapi, menggunakan kloset jongkok pun meski terasa nyaman bagi beberapa orang, tetap saja merepotkan untuk urusan penyiraman. Beruntung masih ada beberapa yang memproduksi WC jongkok yang dilengkapi dengan flush layaknya kloset duduk. WC jongkok flush ini biasanya relatif lebih mahal dibanding WC duduk biasa.

Di pasaran setidaknya ada beberapa yang memiliki model kloset jongkok flush, misalnya saja Toto seri CE9 yang dengan harga Rp 1,7 jutaan (complete set). Ada pula American Standard yang harganya terpaut lebih mahal, yakni mencapai Rp 3,4 jutaan satu set.

Uniknya, masyarakat Indonesia rupanya bukan hanya senang berbelanja closet dalam kondisi baru saja. Kloset bekas di daerah loak seperti di daerah Rumput pun rupanya cukup laris manis. Jauh dari kesan menjijikkan, kloset-kloset second di Rumput ternyata telah disulap sedemikian rupa agar terlihat seperti baru.

Menurut salah satu pedagang kloset bekas di Pasar Rumput, Iyan, WC yang awalnya kotor ia bersihkan hingga terlihat seperti baru, kemudian dibungkus rapi dengan plastik. Harga jualnya pun variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan . “Tergantung modelnya, biasanya kalau model baru itu mahal, Rp 2 juta,” kata Iyan, seperti dilansir Kumparan.

Pria asal Brebes ini mengungkapkan jika kloset yang paling dicari dan diminati oleh biasanya adalah merk Toto. Selain murah, mereka banyak yang membeli di Pasar Rumput karena kualitasnya yang cukup bagus. Merek-merek yang banyak dijual antara lain Toto, Kochler, dan QNA. “Kebanyakan yang ke sini biasanya cari merek Toto sih, dan di sini jualnya banyaknya merek itu, ya mereka pasti cari yang murah kualitas bagus, makanya ke sini,” ujarnya.

Loading...