Jangan Sampai Dormant, Ini Prosedur Penutupan Rekening BCA Secara Otomatis

Buku tabungan tahapaan BCABuku tabungan tahapaan BCA - banksentral.com

Memiliki di saat ini sudah merupakan suatu kebutuhan. Namun terkadang ada kalanya sebagai kita lupa untuk melakukan hingga sekian lama. Nah, yang harus diingat, setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait pasif (dormant). Seperti (Bank Central Asia), biasanya akan melakukan penutupan secara apabila nasabahnya sama sekali tidak bertransaksi perbankan selama kurun waktu tertentu.

Dilansir dari situs resminya, BCA mengungkapkan bahwa apabila saldo rekening nasabah 0 (nol) selama periode bulan tertentu, maka rekening bisa ditutup secara otomatis. Adapun ketentuannya, untuk rekening Tahapan/Tapres/Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu dan BCA Dollar, BCA akan menutup rekening bila saldo 0 (nol) selama 3 bulan berturut-turut.

Kemudian, rekening Giro akan ditutup oleh sistem BCA jika saldo 0 (nol) selama 6 bulan berturut-turut dan rekening Simpanan Pelajar akan ditutup sistem BCA jika rekening dalam kondisi mati suri (dormant) dengan saldo di bawah atau sama dengan Rp5 ribu.

Rekening nasabah juga dapat dikategorikan mati suri (dormant) apabila memiliki saldo minimal tertentu dan tidak ada aktivitas transaksi apapun selama 6 bulan berturut-turut. Ketentuan saldo minimal pada tiap rekening berbeda-beda, namun untuk rekening berdenominasi rupiah biasanya saldo minimalnya adalah Rp10 juta. Sementara itu, untuk rekening TabunganKu, Simpanan Pelajar, dan Virtual Account akan dinyatakan dormant apabila tidak aktif selama beberapa bulan tanpa melihat saldo minimal tersebut.

Sementara itu, BCA pun juga menawarkan kemudahan bagi para nasabah yang ingin membuka rekening Tahapan BCA tanpa buku. Program yang diluncurkan dari tahun 2018 lalu ini memungkinkan nasabah yang ingin membuka rekening Tahapan BCA tanpa buku rekening dan hanya memiliki kartu debit. “Pilihan ini sangat cocok bagi nasabah yang mengutamakan kepraktisan dalam mengelola dana dan bertransaksi,” kata Senior Vice President of Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya, seperti dikutip dari Kompas.

Meski tanpa buku tabungan fisik, nasabah tetap bisa mengakses informasi rekening lewat KlikBCA Individu atau BCA mobile. Lalu mengunduh e-Statement melalui KlikBCA Individu yang menyimpan mutasi nasabah selama 24 bulan ke belakang. “Sementara pada BCA mobile, mutasi rekening yang dapat dipilih adalah maksimum 31 hari ke belakang,” tutupnya.

Loading...