Pentingkah Cek Kesehatan Rahim? Ini Rincian Biaya Sederet Pemeriksaannya

Cek Kesehatan Rahim - www.orami.co.idCek Kesehatan Rahim - www.orami.co.id

Walaupun tidak sedang dalam hamil, rupanya juga perlu datang ke dokter kandungan untuk memeriksakan rahim. Cek rahim dapat dilakukan melalui atau tes seperti pap smear. Sedangkan untuk mendeteksi kemungkinan adanya serviks atau leher rahim juga dapat dilakukan dengan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). cek kesehatan rahim ini umumnya sangat variatif, tergantung di klinik atau rumah sakit mana melakukannya.

pap smear biasanya dilakukan dengan mengambil sampel sel dari leher rahim (serviks), kemudian sampel tersebut diperiksa keabnormalannya di laboratorium. tersebut kabarnya tak membutuhkan waktu yang terlalu lama, hanya sekitar 20 menit saja. Biaya cek kesehatan rahim melalui tes pap smear pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 400 ribuan untuk pap smear berbasis cairan. Pap smear bisa dilakukan di rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kandungan atau yang bergelar SpOG (Spesialis Obstetri dan Ginekologi).

Pada bulan April 2018 lalu misalnya, rumah sakit Siloam Hospitals menawarkan Kartini khusus untuk pemeriksaan Pap Smear dengan promo sebesar Rp 288 ribu saja. “Sudah termasuk dokter spesialis kandungan dan kebidanan,” ujar Head Dept Marketing & Communication Siloam Hospitals, Putri Amelia, seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu IVA atau yang kerap dijuluki Intip Vagina Anda dilakukan dengan mengoleskan asam asetat 3-5%, lalu dokter akan melihat perubahan yang terjadi pada mulut rahim. Prosedur ini memakan waktu sekitar 2 menit saja. Biaya IVA di Puskesmas yang ada di Jakarta dengan kartu BPJS kabarnya hanya dikenai sekitar Rp 25 ribuan, sedangkan di rumah sakit sekitar Rp 125-200 ribuan.

Beberapa wanita juga kerap melakukan pemeriksaan USG untuk mengecek kesehatan atau kesuburan alat reproduksinya. Pemeriksaan USG bukan hanya dilakukan untuk memeriksa kondisi janin saat sedang mengandung saja, tetapi kabarnya juga dapat melihat apakah siklus menstruasi berjalan normal atau tidak, serta bisa menjadi upaya untuk pencegahan penyakit. Di RS Mutiara Bunda Malang, paket Deteksi Dini Kanker Wanita yang meliputi pemeriksaan papsmear, IVA, dan USG dipatok sekitar Rp 425 ribuan untuk sekali tes.

Loading...