Penting untuk Uji Kimia, Berapa Harga Tabung Reaksi Iwaki Pyrex?

Tabung Reaksi - www.carolina.comTabung Reaksi - www.carolina.com

JAKARTA – Jika Anda doyan pelajaran atau saat ini bekerja di laboratorium, pasti sudah tidak asing lagi dengan . Ini adalah wadah sejenis kaca atau plastik yang digunakan untuk menaruh cairan kimia hasil percobaan. Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan tabung , dan dengan mulai Rp8.000 untuk buatan Iwaki Pyrex.

“Tabung reaksi adalah wadah yang terbuat dari sejenis kaca atau plastik, yang dilengkapi tutup atau tanpa tutup, dan disebut juga sebagai test tube atau culture tube,” tulis PT Anugrah Niaga Mandiri dalam resminya. “Kelebihan tabung reaksi ini adalah dapat menahan perubahan temperatur dan tahan terhadap reaksi kimia.”

Masih menurut sumber yang sama, sesuai dengan fungsinya, tabung reaksi adalah wadah tempat kita mereaksikan kimia dalam laboratorium. Alat ini terbuat dari kaca bening sehingga proses kimia di dalam tabung dapat terlihat jelas oleh analis. Tabung ini juga memiliki sifat tahan terhadap panas atau api.

“Tabung reaksi tersedia dalam berbagai , baik dari segi panjang maupun diameter,” sambung perusahaan. “ panjang tabung reaksi yang tersedia di pasaran di antaranya 11 cm, 12 cm, 14 cm, 15 cm, 16 cm, 22 cm, dan 23 cm. Sementara, diameter tabung reaksi ada yang 1 cm, 1,2 cm, 1,6 cm, 1,9 cm, hingga 2,2 cm.”

Seperti dijelaskan di atas, tidak sulit menemukan tabung reaksi. Anda bisa membelinya di toko peralatan maupun situs jual beli online. Untuk merek Pyrex buatan Iwaki, saat ini dijual dengan harga mulai Rp8.000 dengan volume 15 ml, namun ada juga yang menjualnya dengan harga Rp10.500 untuk ukuran 10 cm x 1,3 cm dengan volume 7 ml. Sementara, tabung reaksi Iwaki Pyrex dengan volume 17 ml sekarang dijual dengan harga hanya Rp12.500, dan Rp30.000 untuk tipe berukuran 150 x 16 mm.

“Biasanya, penggunaan tabung reaksi bersamaan dengan penjepit tabung reaksi, yang terbuat dari bahan dasar kayu dengan jepitan pegas yang terbuat dari baja,” tulis Alkes-Marinno.com. “Alat laboratorium ini berfungsi untuk menjepit atau memindahkan tabung reaksi yang telah melewati atau selama proses pemanasan.”

Loading...