Penting untuk Pompa Air, Foot Valve 4 Inch Dijual dengan Harga Variatif

Foot Valve 4 Inch - www.valvesupplies.co.nzFoot Valve 4 Inch - www.valvesupplies.co.nz

Keberadaan foot valve atau tusen klep hampir tidak bisa dipisahkan dari pipa hisap pompa , terutama di setiap instalasi jet pump, sumur dangkal, atau semi jetpump. Foot valve sendiri memiliki yang amat penting, yakni sebagai penahan aliran yang telah berada pada pipa agar tidak kembali turun atau mengalami backflow. Tusen klep akan bekerja dengan cara membuka dan menutup katup sesuai dengan kinerja yang diperlukan. foot falve pun bermacam-macam, tergantung ukuran dan bahannya.

Saat mesin pompa bekerja mengisap air, maka klep akan terbawa aliran sehingga bisa terbuka dan bertumpu pada dudukannya hingga mesin berhenti menghisap, lalu klep dapat menutup kembali dengan sempurna. “Kebocoran pada tusen klep dapat mengakibatkan ruang impeller menjadi kosong dan memerlukan upaya pengisian secara manual (dipancing) agar lebih cepat mencapai titik vakum di dalam ruang pipa hisapnya,” demikian seperti dilansir Pompair.

Sementara itu, pada jenis pompa air yang masih mengandalkan pressure switch sebagai kontrol on/off-nya, maka apabila terjadi kebocoran pada komponen foot valve dapat memicu pompa sering berbunyi karena tekanan yang tidak dapat padat sepenuhnya.

atau foot valve untuk tandon atau pompa air saat ini ada bermacam-macam, mulai dari atau PVC, stainless, steel, hingga kuningan. Walaupun fungsinya sama, tetapi masing-masing tersebut tentunya memiliki daya tahan dan tingkat presisi yang berbeda. Adapun untuk jenis pompa yang memiliki tekanan tinggi, biasanya lebih disarankan menggunakan tusen klep atau foot valve dari kuningan.

Menurut yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber, harga foot valve 4 inch bahan kuningan bisa dijual mencapai Rp 1,49 juta. Kemudian foot valve 4 inch berbahan stainless steel harganya lebih mahal lagi, bisa mencapai Rp 3,7 jutaan. Jika ingin mencari yang murah meriah, tersedia foot valve 4 inch berbahan plastik PVC yang hanya dijual di kisaran Rp 540 ribuan. Lalu untuk foot valve 4 inch bahan cast iron harganya sekitar Rp 1,7 jutaan.

Loading...