Penting untuk Memancing, Harga Kili-Kili Pancing Dibanderol Variatif

Kili-Kili Pancing - www.bukalapak.comKili-Kili Pancing - www.bukalapak.com

Dalam dunia memancing, ternyata bukan hanya alat pancing secara keseluruhan saja yang harus dipilih secara cermat. Bagian kecil seperti swivel atau yang kerap disebut dengan istilah kili-kili juga harus diperhatikan. Harga kili-kili pancing sangat , tergantung , , dan bahannya.

“Kili-kili adalah kompartemen penting dalam sebuah rangkaian pancing. Kili-kili berfungsi untuk meminimalisir benang melintir akibat perlawanan yang berputar-putar. Kekuatan kili-kili harus lebih besar dari ukuran benang dan leader,” demikian seperti dilansir Sahabatmancing.

Posisi swivel atau kili-kili secara umum ada di antara senar utama pancing dengan rangkaian kail. Biasanya pemakaian kili-kili disertai dengan adanya snap atau peniti. Apabila senar utama dipasangkan dengan snap, maka untuk menghubungkan rangkaian kail dengan senar utama cukup dengan mencantolkan snap ke bagian lubang dari swivel.

Selain dapat menjaga agar senar utama yang digunakan tidak mudah kusut atau melintir ketika strike ikan-ikan berukuran besar, kili-kili juga dapat menyeimbangkan rangkaian mata kail, misalnya ketika dalam keadaan yang berarus agak deras maupun ketika keadaan tarik-ulur dengan ikan yang mencoba melepaskan diri.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, jenis dan ukuran kili-kili pancing cukup banyak. Umumnya, kili-kili mempunyai 2 lubang, yakni di atas dan bawah. Tetapi ada juga kili-kili yang punya 3 lubang. Baik kili-kili 2 lubang maupun 3 lubang fungsinya sama, yaitu untuk menghubungkan rangkaian mata kail dengan senar utama maupun menghubungkannya dengan snap.

Sebagai gambaran, ada beberapa jenis swivel yang umum ditemui di , mulai dari jenis crane swivel, barrel swivel, rolling swivel, speedy rolling swivel, ball bearing swivel, box swivel, 3 way swivel, heavy swivel yang biasa digunakan di laut, crossline swivel, snap swivel, hingga line grip swivel. Harga kili-kili pancing cukup murah, untuk jenis box swivel 6,6 cm dengan harga Rp 11 ribu, crave swivel 05 Maguro bahan stainless steel Rp 27 ribu, rolling swivel size 50lb Rp 1.000-an, dan swivel cabang 3 stainless no.2 harganya agak mahal, mencapai Rp 50 ribuan.

Loading...