Penting untuk Keselamatan, Harga Tali Panjat Tebing per Meter Mulai Rp 25 Ribuan

Tali Panjat Tebing - www.bukalapak.comTali Panjat Tebing - www.bukalapak.com

Dalam aktivitas panjat tebing atau wall climbing, keselamatan adalah utama. Urusan keselamatan sangat ditunjang lewat panjang tebing yang baik dan berkualitas, salah satunya seperti tali panjat tebing atau karmantel, webbing, harness, sepatu panjat tebing, dan sederet alat lengkap lainnya.

Sebagai , tali karmantel atau yang juga kerap disebut kernmantel adalah peralatan pengaman utama bagi pemanjat dengan jarak ketinggian tertentu agar menghindari risiko jatuh. Panjang tali karmantel rata-rata sekitar 70 meter. karmantel secara umum terbagi menjadi dua, yakni dinamis yang bisa mengencang dan mengendur layaknya karet serta karmantel yang sifatnya statis.

tali panjat tebing per meter cukup variatif, biasanya ditentukan berdasar diameter tali. Para umumnya menjual tali panjang tebing per roll atau gelondongan dan juga menjual secara eceran per meter. Sebagai contoh, tali panjat tebing merek Beal 5 mm dengan harga Rp 25 ribu per meter, kemudian karmantel Beal Contract 10,5 mm semi statis harganya Rp 40 ribu per meter.

Akan tetapi harga tali panjat tebing bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu dan harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Tali karmantel atau panjat tebing bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko perlengkapan outdoor atau bisa juga dibeli secara online melalui situs-situs e-commerce yang ada di .

Selain urusan kualitas alat panjat tebing, ternyata ada hal-hal lain yang sangat mempengaruhi aktivitas climbing. “Untuk bisa sampai ke puncak yang dibutuhkan itu tiga hal yakni endurance [daya tahan], fisik dan pola napas. Nah, saya yang tidak dapat itu endurance-nya,” kata salah satu atlet panjat tebing asal Yogyakarta, Surya Agung, seperti dilansir Solopos.

Lebih lanjut Surya mengatakan jika peralatan panjat tebing yang memadai bisa menunjang kemampuan atlet untuk mencapai puncak tertinggi. “Kuncinya bisa sampai ke puncak ya cermat baca jalur. Lebih hati-hati dan main ngotot. Cengkeraman jari harus kuat. Itu bisa didapat dengan rutin,” kata atlet panjat tebing lain asal Jawa Tengah, Sutrisno.

Loading...