Penting untuk Kesehatan, Berapa Biaya Membersihkan Karang Gigi di Jogja?

Biaya Membersihkan Karang Gigi - www.klikdokter.comBiaya Membersihkan Karang Gigi - www.klikdokter.com

Membersihkan dengan menyikat setiap hari saja ternyata tidak cukup. Terkadang masih ada sisa-sisa yang terselip di sela-sela dan terlalu sulit dijangkau sikat . Kotoran yang terselip tersebut lama kelamaan bisa menumpuk dan menimbulkan karang yang menyebabkan gusi sering berdarah atau bau napas kurang sedap. Salah satu yang bisa dilakukan untuk membersihkan karang adalah dengan memanfaatkan scaling yang tersedia di klinik , puskesmas, atau .

“Karang gigi itu kan berkumpulnya bakteri yang menghasilkan toksin. Nah toksin itulah yang sangat berbahaya buat gusi dan jaringan pendukung gigi di bawahnya,” kata drg Ratu Mirah Afifah, seperti dilansir Brilio.

Menurut drg Ratu, kontrol dan membersihkan karang gigi sebaiknya dilakukan dalam waktu 6 bulan sekali. Sebab karang gigi yang terbentuk dari plak ini adalah tempat bersarangnya bakteri dan berbahaya jika tak dibersihkan. Ratu melanjutkan, saat ada karang gigi, bakteri akan terus menimbulkan di gusi dan menyebabkan gingivitis. Saat terjadi gingivitis, gusi akan berdarah dan menimbulkan bau mulut.

“Kalau tidak dibersihkan juga, gigi akan menimbulkan masalah seperti periodontitis. Jadi bukan cuma gusi aja, tapi juga di jaringan pendukungnya. Nah ketika di tulang pendukungnya kena, sudah susah, nggak bisa dikembalikan, gigi pun jadi goyang dan tanggal tiba-tiba aja. Kemudian gusi juga bengkak, berdarah, spontan,” tambahnya.

Menurutnya membersihkan karang gigi tidak boleh dilakukan dengan mencongkel, karena justru membahayakan gusi. “Jangan (dicongkel) ada alat khususnya namanya scaller. Ada yang ultrasonik, ada yang manual, itu harus ada keahlian sendiri, kalau nggak nanti gusinya bermasalah. Bila karang gigi sudah bertumpuk tidak bisa dibersihkan oleh sikat gigi dan harus dengan gerakan mekanis ke dokter gigi,” tuturnya.

Sebagai informasi, membersihkan karang gigi atau scaling di Jogja bermacam-macam, tergantung di mana melakukannya. Misalnya di Klinik Gigi Joy Dental berkisar mulai Rp 100 ribuan hingga Rp 350 ribuan, kemudian di RSGM UMY beberapa tahun lalu sekitar Rp 57 ribuan saja jika dilayani oleh koas. Jika menggunakan kartu BPJS kabarnya layanan pembersihan karang gigi untuk indikasi juga dilayani secara gratis sebanyak 1 tahun sekali.

Loading...