Penting untuk Kencangkan Baut, Harga Kunci Torsi Britool Dijual Mulai Rp 1,7 Jutaan

Kunci Torsi - www.bukalapak.comKunci Torsi - www.bukalapak.com

Pemasangan mur atau baut pada roda ternyata tidak boleh sembarangan, sebab jika lalai dalam memasang mur dapat mengakibatkan ban mudah lepas atau ban habis tidak merata saat dijalankan. Untuk mengencangkan baut roda biasanya menggunakan ukur yang dinamakan torque wrench atau kunci torsi (torsion bar). yang juga disebut kunci momen ini memungkinkan teknisi untuk mengetahui secara akurat kekuatan momen dari baut yang dikencangkan.

“Jika terlalu kecil dapat mengakibatkan mur kendor dan ban mudah terlepas, terlalu kencang juga dapat merusak ulir atau drat sehingga mur roda menjadi dol dan rusak. Jadi sebaiknya kencangkan mur secukupnya,” ujar Rudi, salah seorang teknisi spooring & balancing di daerah Sunter, seperti dilansir Otosia.

Ketika hendak melepaskan baut-baut roda yang sulit dikendurkan pun ternyata tak boleh sembarangan. Biasanya ada beberapa orang yang membuka baut dengan bantuan kunci torsi dan juga alat bantu lain seperti pipa besi. Hal ini memang masih diperbolehkan, namun pemasangan kembali roda dan pengencangan baut tak boleh dilakukan dengan serupa, yakni dengan diinjak atau memakai pipa besi.

“Mengencangkan baut roda tidak perlu sampai diinjak. Cukup dengan tangan saja dan cukup anda tambahkan tekanan sebanyak 1/8 putaran dari kekencangan awal,” tutur Mus Mulyadi, kepala bengkel Autopit, di Kalimalang, Timur.

Menurut Mus, mengencangkan baut roda memang tidak boleh terlalu kencang. Hal ini dilakukan agar baut dan drat lebih awet. Di samping itu, mengencangkan baut terlalu kencang justru akan menyulitkan sang pengendara saat hendak melepas bannya sendiri ketika ban bocor atau meletus. “Bayangkan jika yang mengemudi seorang wanita dan harus mengganti bannya yang bocor tanpa pertolongan. Baut yang terikat terlalu kencang dalam jangka panjang bukan tak mungkin akan mengalami metal fatigue alias kelelahan logam,” ungkapnya.

Ada berbagai merk kunci torsi yang memiliki kualitas cukup baik, salah satunya seperti Britool. Britool menyediakan beragam kunci momen, misalnya saja kunci momen Britool AVT 100A dengan Rp 1,7 juta, Britool EVT600A 12-68 Nm Rp 2.823.000, hingga Britool HVT5000 140-560 Nm Rp 9.215.000. Jika dirasa terlalu , banyak pula yang kunci torsi Britool dengan murah dan kondisinya masih baik.

Loading...