Penting untuk Kemudi, Harga Minyak/Oli Power Steering Berkisar Mulai Rp 30 Ribuan

Harga Minyak/Oli Power Steering

Dalam dunia , power steering menjadi yang cukup penting untuk memudahkan para pengendara mengemudikan kendaraannya. Dengan adanya power steering, bisa lebih nyaman bermanuver dan melalui jalanan yang terjal. power steering disebut-sebut mampu meringankan kemudi pada . Meski demikian, fitur ini juga memiliki masa waktu tersendiri dan bisa saja mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, para pemilik mobil perlu menjaga dan merawat setiap yang ada pada mobil, termasuk power steering agar tetap nyaman digunakan. Biasanya power steering yang rusak akan ditandai dengan munculnya suara aneh saat kemudi diputar.

“Kalau power steering yang hidrolic, biasanya ada bunyi-bunyi dulu, bunyi itu keluar karena pelumasan tidak bagus atau olinya bocor, setelah itu steering terasa lebih berat. Kalau yang tipe EPS (electric), jika ada indikasi masalah, indicator eps-nya menyala,” kata Anjar Rosadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), seperti dilansir Viva.

Apabila hal itu terus saja dibiarkan bisa berpotensi menyebabkan kerusakan yang cukup fatal, misalnya saja membuat setir tak dapat bergerak dan kemudi menjadi berat dan sulit dikendalikan. “Kalau perputaran jadi lambat sih enggak, tetapi terasa lebih berat seperti tidak pakai power steering,” ungkap Anjar.

Selain power steering yang bocor, penyebab permasalahan pada power steering juga bisa disebabkan karena aliran atau tekanan hidrolik power steering mulai berkurang. “Ada juga yang gara-gara pompa bocor seal nya, atau minyaknya bocor keluar dari rack power steering. Itu bisa dilihat ada rembesan di rack power steering,” ungkap Iwan Abdurrahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM).

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga performa power steering adalah dengan rutin mengganti minyak atau pelumas power steering. Saat ini ada banyak merek minyak power steering yang beredar di , mulai dari STP Power Steering Fluid Oil yang dijual seharga Rp 31.500, kemudian merk Dobeli PF 20 Rp 44 ribu, Unilub ATF yang merupakan minyak power steering untuk transmisi matic seharga Rp 65 ribu, Top 1 Lifetime ATF Rp 80 ribu, hingga yang paling mahal merek Shell Spirax S3 ATF MD3 seharga Rp 95 ribuan.

Loading...