Penting untuk Jaga Performa Mobil, Berapa Biaya Tune Up Honda Jazz?

Tune Up Mobil - www.meineke.comTune Up Mobil - www.meineke.com

Servis atau tune up semestinya dilakukan secara berkala agar performa dan kondisi mesin kendaraan senantiasa terjaga. Terlebih jika kendaraan sering digunakan untuk mobilisasi sehari-hari, apalagi melakukan perjalanan jauh. Saat ini sudah banyak -bengkel maupun bengkel umum yang menyediakan service atau tune up mobil berkualitas dengan yang juga bervariasi, tergantung kendaraan.

Tune up mobil Honda Jazz misalnya, jika tanpa ada penggantian , maka kemungkinan akan ditarik biaya yang cukup murah, berkisar mulai dari Rp 500 ribuan saja. Tetapi, jika ada rusak yang perlu diganti, maka tarifnya bisa lebih dari Rp 500 ribu, bahkan dapat mencapai jutaan rupiah, tergantung apa yang hendak diganti.

Meskipun layanan servis di bengkel resmi cukup terjamin, tetapi beberapa pemilik kendaraan ada yang lebih suka menyervis mobilnya di bengkel umum. Tentunya hal ini disebabkan karena yang biasanya relatif lebih miring dibanding bengkel resmi. “Untuk jasa urusan perawatan mesin kita ada namanya tune-up fogging. tersebut meliputi pembersihan pada bagian throttle body, dan juga internal,” kata pemilik bengkel Von’s Jaya Motor di daerah Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta, seperti dilansir Kabaroto.

Cara perawatan mesin kendaraan di tiap bengkel mungkin bisa berbeda-beda, tetap di VJM kabarnya tak memakai metode infus. “Jika kita tidak pakai metode infus, kita akan bongkar terlebih dahulu throttle bodi, lalu dibersihkan keraknya. Lalu bagian internal kita akan semprot cairan khusus pembersih dan mobil akan digas hingga kerak keluar semua,” jelasnya.

Tune-up mobil ini biasanya juga sudah termasuk dengan layanan penggantian oli. Para pelanggan dapat membawa oli favoritnya sendiri dan cukup membayar biaya jasa penggantian oli atau bisa sekaligus membeli oli yang tersedia di bengkel.

Jika semua kerak pada mesin sudah dibersihkan, maka pihak VJM akan melakukan pengecekan menggunakan software untuk mengetahui apakah ada malfungsi pada mobil atau tidak. Nah, apabila ditemukan masalah, maka akan segera diketahui dan diperbaiki. Cara kerjanya pada dasarnya hampir sama seperti bengkel-bengkel resmi.

Loading...