Penting untuk Aquarium Air Laut, Protein Skimmer Dijual Mulai Harga Ratusan Ribu Rupiah

Protein Skimmer - www.hollywoodfishfarm.co.nzProtein Skimmer - www.hollywoodfishfarm.co.nz

Selain akuarium tawar, banyak penghobi yang kini mulai jatuh cinta pada aquarium laut. Dibandingkan akuarium tawar, memiliki aquarium laut memang membutuhkan dan tentunya perlengkapan yang berbeda agar biota yang ada di dalamnya bisa hidup dengan dan tak terserang .

Bagi para penghobi akuarium air laut, menyediakan perlengkapan seperti skimmer air laut sangat penting hukumnya. Skimmer ini ibarat ‘jantung’ dari aquarium air laut yang hendak dibangun. “Protein skimmer berfungsi untuk memisahkan bahan padat terlarut dalam air dengan cara pengapungan melalui gelembung-gelembung udara yang ditiupkan ke dalam suatu air. Dalam akuarium laut, proses ini sering dianggap sebagai suatu proses tiruan untuk menduplikasi fenomena alam yang terjadi di pantai,” kata salah satu penjual skimmer akuarium air laut.

skimmer aquarium air laut cukup variatif, tergantung dan kualitasnya. Misalnya saja Quadplex Spraying Protein Skimmer Jebo 1821 harganya dibanderol Rp 392 ribu, kemudian ada Sunsun Surface Skimmer yang harganya lebih murah, yakni Rp 112 ribuan. Selanjutnya ada protein skimmer Resun SK 05 untuk akuarium laut yang Rp 110 ribu. Jika ingin yang lebih mahal lagi ada Boyo Protein Skimmer for Aquarium Ocean Type DB 150 yang bisa dibanderol dengan harga mencapai Rp 2,5 jutaan.

Saat akan membangun suatu aquarium air laut, setelah memasang semua peralatan yang dibutuhkan, mulai dari skimmer, filter, dan sebagainya, jangan lupa untuk memasukkan air laut ke dalam aquarium. Tapi ingat, jangan memasukkan ikan terlebih dahulu ke dalamnya. “Diamkan selama lebih dari 1 minggu. Tujuannya adalah cycling, agar aquarium membentuk kehidupan sendiri. Cirinya air laut sudah cycling adalah bermunculan kutu-kutu air,” ungkap salah satu penghobi aquarium air laut.

Sebelumnya cek terlebih dahulu air lautnya menggunakan alat bernama hydrometer. Celupkan air laut ke dalamnya sampai penuh. Apabila air laut menunjukkan salinitas di atas 1024, maka air laut tersebut terlalu asin. Jika air laut terlalu asin dapat menyebabkan ikan dan koral di dalamnya cepat mati. Pasalnya kandungan garam yang ideal untuk aquarium laut antara 1021-1024.

“Jika masih terlalu tinggi, maka kurangi air laut 10% dan masukkan air mineral. Aduk lalu cek lagi dengan hydrometer sampai menunjukkan salinity sesuai. Kalau sudah sesuai, maka aquarium siap untuk dimasukkan ikan. Tetapi jika kurang asin, maka air laut bisa ditambah garam batu khusus,” sambungnya.

Loading...