Penting Dimiliki Pelaku Usaha, Biaya Pembuatan SIUP Kecil Terbilang Variatif

biaya, pembuatan, siup, kecil, persyaratan, aplikasi, dokumen, langkah, cepat, berkas, efisiensi, pelayanan, kartu, usaha, izin, surat, perseorangan, hukum, objek, subjek, skala, biro, pembuatan, di, jakartaDokumen SIUP & TDP sudah jadi (sumber: bulelengkab.go.id)

Bagi orang atau badan yang melakukan kegiatan perdagangan, penting memiliki SIUP atau Surat Usaha Perdagangan. Surat Usaha Perdagangan dikeluarkan oleh daerah dan dibutuhkan oleh pelaku usaha perseorangan maupun pelaku usaha yang telah berbadan .

SIUP harus dimiliki oleh berbagai objek mulai dari usaha perdagangan kecil, menengah, hingga besar. Sementara, untuk subjek, diperuntukkan bagi setiap perusahaan atau perorangan yang melakukan usaha perdagangan baik usaha kecil, usaha menengah, maupun usaha besar.

Berdasarkan skala usaha, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) terbagi menjadi 4 jenis, yakni SIUP Besar, SIUP Menengah, SIUP Kecil, dan SIUP Mikro. Pengurusan masing-masing SIUP dibanderol yang bervariasi. Misalnya, untuk SIUP kecil dan menengah, biro jasa pengurusan izin SIUP di Jakarta biasanya mematok sekitar Rp 1,5-2,5 jutaan dengan estimasi waktu pengurusan antara 3-10 hari kerja.

Besarnya biaya pengurusan SIUP di setiap biro jasa bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis layanan yang diberikan. Jika Anda meminta layanan serba cepat atau kilat, maka biro jasa bisa mematok biaya yang lebih mahal dibandingkan pasaran.

Selain di biro jasa pembuatan SIUP, Anda juga bisa membuatnya di badan milik pemerintah. Hal itu diungkapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemerintah setempat berkomitmen untuk mengembangkan usaha/. Hal itu dibuktikan melalui Jakarta Evolution (Jakevo).

Edi Junaedi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, mengatakan, aplikasi ini merupakan bentuk evolusi atas pengembangan konsep Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Ia mengatakan, aplikasi tersebut mempercepat proses perizinan surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan tanda daftar perusahaan (TDP), yakni dari semula tiga hari menjadi satu jam. Selain itu proses permohonan perizinan yang semula harus dilakukan di kantor PTSP kini cukup di .

“Tujuannya untuk mempercepat proses perizinan SIUP dan TDP yang sekarang sudah bisa diselesaikan dalam 60 menit. Dulu dalam waktu tiga hari. Dulu setelah registrasi pemohon harus ke PTSP, tetapi sekarang tidak perlu lagi karena seluruh hasil perizinan sudah dikirimkan langsung ke ponsel,” kata Edi.

Menurut Edi, efisiensi pelayanan sangat diminati masyarakat dengan banyaknya jumlah pemohon yang masuk lewat aplikasi yang sudah diuji coba sejak April 2018. “Total ada 115 izin perizinan SIUP dan TDP sudah diterbitkan sejak peluncuran awal (soft launching) 26 April 2018. Rinciannya ada 57 SIUP dan 58 TDP yang sudah diterbitkan. Pengurusan izin lewat Jakevo sama seperti mengajukan kartu kredit. Cepat mudah dan sederhana,” katanya.

Edi mengatakan, “Caranya sangat mudah, cuma perlu tiga langkah cepat tanpa harus mengurus berkas lagi ke PTSP. Pertama tanda lokasi, kedua unggah dokumen, dan ketiga disclaimer-persyaratan.”

Loading...