Penjualan Ritel Offline Kalah Saing dengan E-Commerce Selama Ramadan

Jakarta shopping mall - asia.nikkei.comJakarta shopping mall - asia.nikkei.com

– Bulan Ramadan di biasanya menjadi momen penting bagi para retailer untuk memperoleh yang berlipat ganda. Pasalnya sebagian besar akan menghabiskan tunjangan hari raya-nya (THR) untuk berbelanja.

Namun sayang tahun 2017 ini tampaknya -toko retail kurang diminati oleh konsumen. Padahal sejumlah pusat perbelanjaan menawarkan berbagai untuk menarik minat para pembeli. Sebuah pusat perbelanjaan besar di Jakarta Selatan memberikan atau potongan hingga 70% dan buka hingga jam 12 malam.

Perwakilan toko ritel mengaku jika jumlah pengunjung tidak seramai biasanya. “Lalu lintas pembeli lebih lambat dari biasanya,” ujarnya seperti dilansir Nikkei.

Menurut sebuah survei yang dilakukan (BI), industri ritel offline tahun ini telah mempertahankan pertumbuhan penjualan bulanan sebanyak satu digit, dibandingkan dengan pertumbuhan hampir dua digit sepanjang tahun 2016 lalu.

Salah seorang pebisnis juga menyalahkan program tax amnesty alias pengampunan pajak di Indonesia yang mendorong masyarakat untuk melaporkan aset-aset tersembunyinya. Dalam program yang telah berakhir pada Maret 2017 lalu ini sejumlah 960 ribu orang kaya telah melaporkan aset-asetnya.

Lonjakan jumlah pedagang online juga turut menyebabkan penjualan ritel offline menjadi sepi. Tingkat penetrasi smartphone di Indonesia adalah 50%, hal ini juga yang membantu menjelaskan mengapa begitu banyak orang Indonesia yang berbelanja online.

MatahariMall.com milik Lippo Group dan Lazada.co.id yang dioperasikan Alibaba China secara masif melakukan promosi penjualan selama Ramadan. Belum lama ini Lazada juga melakukan survei terhadap lebih dari 1.000 responden di beberapa kota besar di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Sumatera. Hasilnya, sekitar 85% responden lebih memilih membeli kebutuhan untuk Idul Fitri secara online.

Berdasarkan survei tersebut juga diperoleh hasil bahwa sebagian besar responden mengalokasikan 50% THR mereka untuk belanja online. “Adapun barang yang paling banyak dicari dan dibeli selama Ramadan dan menjelang Lebaran adalah produk-produk busana serta rumah tangga untuk menunjang perayaan Idul Fitri seperti toples kue, seprei, keset, taplak meja, gorden, dan lainnya,” kata Haikal Bekti, Head of Online Marketing Lazada Indonesia.

Loading...