Pengurusan Bisa Secara Online, Biaya Perijinan BPOM Ternyata Tidak Terlalu Mahal

Biaya Perijinan BPOM - health.detik.comBiaya Perijinan BPOM - health.detik.com

Beredarnya -kosmetik palsu atau dengan kandungan berbahaya memang cukup membuat resah. Banyak yang belum mengurus pendaftaran di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) namun sudah dipasarkan dan digunakan secara luas oleh masyarakat. Padahal biaya perijinan BPOM sendiri kabarnya tidak terlalu mahal dan cara mengurus pendaftarannya pun tidak terlalu sulit.

Adapun setiap UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) atau yang mengurus izin BPOM hanya dikenai biaya sebesar Rp 500 ribu. “Biayanya itu Rp 500 ribu, nggak mahal kok. Kalau UMKM itu kami fasilitasi biasanya kami dampingi untuk pengujiannya secara . Sebenarnya kalau dia ingin buat di rumah, kami dampingi bahwa yang baik itu kayak gini,” kata Kepala BPOM Balikpapan, Sumiaty Haslinda, seperti dilansir Prokal.

BPOM juga telah menurunkan biaya pendaftaran UMKM di bidang pangan hingga 50% sejak Juli 2018 lalu. Hal ini dilakukan supaya makin banyak UMKM pangan yang bersedia mendaftarkan produknya ke BPOM. Menurut Kepala BPOM Penny K Lukito, pendaftaran pangan juga dapat dilakukan melalui registrasi , sehingga ada kemudahan, jaminan kerja selama 5 hari dengan biaya uji gratis.

“Yang terkait Badan POM adalah kepastian produk memenuhi keamanan, mutu dan manfaat kesehatan, dan daya saing. Karena itu Badan POM mendorong UMKM pangan untuk memenuhi ketentuan hygiene sanitasi dan mempunyai nomor ijin edar agar jangan sampai diisi produk dan produk penyelundupan,” papar Penny.

Di samping itu, mengurus izin edar kosmetik di BPOM pun kabarnya tak butuh waktu terlalu lama. “Di BPOM itu ada timelinenya, artinya ketika semua persyaratan administrasi, semua tempat dan sebagainya sudah layak dan dia memperoleh rekomendasi itu kami dideadline untuk keluar izinnya,” sambung Sumiaty. Apabila semua syarat sudah lengkap, maka dalam kurun waktu 14 hari sejak pendaftaran, izin sudah dapat keluar.

Informasi lebih lengkap seputar biaya perizinan BPOM tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2017 tentang Jenis dan atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Badan POM. Di PP tersebut tercantum biaya atau pengurusan izin untuk berbagai jenis obat-obatan, makanan, minuman, hingga kosmetik sebelum dinyatakan layak edar di Indonesia.

Loading...