Penguatan Wall Street Bikin Harga Emas Jatuh

Harga Emas - www.nuga.coHarga Emas - www.nuga.co

New York emas rupanya tergelincir setelah mencatat penurunan harian terbesar dalam 2 minggu di sesi sebelumnya. Turunnya emas ini terjadi akibat pelemahan yang diimbangi dengan kenaikan saham atau Wall Street.

Dilansir Reuters melalui Liputan6, harga emas di pasar spot turun 0,1 persen menjadi USD 1.290,71 per ons. Akan tetapi, harga emas berjangka AS tetap 0,1 persen lebih tinggi ke posisi USD 1.295,2 per ounce. Harga emas disebut-sebut telah menembus ke bawah level psikologis kunci USD 1.300, hingga mencapai terendah 1 minggu akibat penguatan .

“Penguatan Dolar benar-benar melukai logam mulia dan kami melihat sebagian dari itu berbalik dengan sebagian besar mata uang berjalan sedikit lebih tinggi terhadap Dolar,” ujar Chris Gaffney, Pasar Dunia TIAA .

Nilai emas saat ini juga dipengaruhi oleh sentimen kenaikan pasar saham Amerika Serikat yang melambung mendekati rekor tertinggi. Hal ini terjadi usai bank terbesar AS, JPMorgan Chase & Co berupaya untuk menenangkan kekhawatiran pasar bahwa musim pendapatan kuartal pertama akan menahan laju Wall Street.

Di sisi lain, indeks dolar AS terpantau melemah 0,2 persen terhadap sejumlah mata uang utama dan menuju pelemahan mingguan pertama dalam 4 pekan, sehingga mencegah harga emas jatuh terlalu dalam. “Nada dovish lebih lanjut dari Federal Reserve AS dan data pertumbuhan yang melemah dapat mendorong emas lebih tinggi, tetapi untuk saat ini, harga emas akan berjuang untuk mendapatkan kembali di atas level USD 1.300,” beber Gaffney.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (13/4) terpantau turun tipis sebesar Rp 500 dari Rp 660 ribu menjadi Rp 659.500 per 1 gram pada pukul 09.11 WIB. Sedangkan harga pembelian kembali atau buyback emas Antam hari ini tetap di level Rp 587 ribu per gram. Kemudian untuk emas cetakan Antam di Pegadaian hari ini berada di harga Rp 696 ribu per gram dan emas cetakan UBS harganya Rp 664 ribu per gram.

Loading...